nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Serahkan 3 Pucuk Senpi dan Granat Tangan ke TNI

Sefnat Besie, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 13 340 2003812 warga-serahkan-3-pucuk-senpi-dan-granat-tangan-ke-tni-RAFqAe78vj.jpg Foto Istimewa

KEFAMENANU - Melalui berbagai model pendekatan, warga pun mulai sukarela menyerahkan senjata api yang masih disembunyikan selama ini lantaran takut berurusan dengan hukum.

Kebanyakan senpi yang masih disimpan warga di Kabupaten Timor Tengah Utara NTT adalah berasal dari Timor Timur pasca jajak pendapat tahun 1999 silam. Bukan saja senjata api, ada juga warga menyerahkan granat tangan pecahan tajam aktif buatan USA berhulu ledak radius 30 meter.

 (Baca juga: Belajar dari YouTube, Pria Asal Lumajang Pandai Buat Senpi Rakitan)

Dansatgas Pamtas Yonmek 741/GN Mayor Hendra Saputra menyampaikan, tiga senpi dan satu granat tangan diserahkan oleh warga dengan rincian satu pucuk di pos TNI Nino, satu pucuk di Pos TNI Oelbinose kemudian satu pucuk diserahkan kepada Ton Komunikasi dan satu granat aktif diserahkan kepada Wadansatgas Pamtas di Eban.

"Apa yang kita peroleh atas dasar kesukarelaan dan kesadaran masyarakat. Kita tidak memaksa akan tetapi mengarahkan dan memberikan pemahaman mengenai dampak hukum atau hal yang lain yang belum dimengerti," kata Dansatgas Mayor Inf Hendra Saputra di Kefamenanu, Minggu (13/1/2019).

ss

 (Baca juga: Bawa 2 Senpi Rakitan, Pengangguran Ini Diamankan Polisi)

Hendra menambahkan, hingga saat ini total senjata api yang sudah diserahkan masyarakat kepada TNI sebanyak 27 pucuk bersama 252 butir amunisi tajam dan satu granat aktif buatan USA.

"Dari jumlah itu, 25 pucuk senpi standar dan dua pucuk senpi rakitan, saat ini sudah kita amankan di makosatgas eban," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini