Jelang Pemilu, Keraton Kanoman Minta Pemuda Jangan Sampai Terpecah Belah

Fathnur Rohman, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 13 606 2003862 jelang-pemilu-keraton-kanoman-minta-pemuda-jangan-sampai-terpecah-belah-j2Xisx1fBB.jpg Masjid Keraton Kanoman (Foto: Ist)

CIREBON - Pangeran Patih dari Keraton Kanoman, Muhammad Qodiran mengimbau kepada pemuda untuk bisa terus merawat keberagaman. Terlebih, tensi politik yang panas membuat banyak warga terpecah belah karena perbedaan pandangan politik.

Ia menegaskan, pemuda memiliki kekuatan untuk bisa merawat keberagaman yang disebutkan Presiden Joko Widodo sebagai kekuatan dan kelebihan untuk Indonesia.

Hal tersebut ia paparkan saat menyambut pengurus pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang meminta doa dan restu kepada Keraton Kanoman, Minggu (13/1/2019).

“Saya berpesan kepada PSI untuk bisa mengembalikan historis sejarah dan kebudayaan yang ada di Indonesia ini. Buat saya, kebudayaan harus dijaga. Harga mati,” papar Pangeran Patih yang disampaikan melalui pidato sambutannya.

Ia juga meminta PSI untuk bisa bertahan untuk tidak terjerumus memperjuangakan kepentingan segelintir golongan dan tetap berpihak kepada kepentingan masyarakat luas.

“Saya doakan PSI dapat menjaga amanah sebagai pejuang dan pemuda yang dapat membangkitkan Bangsa Indonesia. Selain itu semoga PSI dapat terus bertahan dalam memperjuangan kepentingan masyarakat luas,” doa Pangeran Patih, Muhammad Qodiran.

Selain memberikan doa, Pangeran Patih Raja juga memberikan pesan kepada PSI sebagai partai muda untuk terus merawat keberagaman sebagai aset paling penting bagi Indonesia.

Pesan yang diberikan oleh Pangeran Patih Raja sesuai dengan cita-cita didirikannya PSI sebagai partai anti intoleransi. PSI memiliki cita-cita untuk terus menjaga keberagaman mengingat Indonesia didirikan atas perbedaan.

“Salah satu tujuan dari pendirian PSI adalah kesadaran politik kami sebagai anak muda bahwa Indonesia tidak didirikan dari satu golongan saja tapi dari berbagai etnis, kebudayaan, golongan, agama yang sepakat menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945,” ucap Raja Juli Antoni selaku Sekjen PSI.

Di kesempatan yang sama PSI menyambut baik ajakan Keraton Kanoman untuk terus menjaga hubungan baik dan bersinergi menjaga keberagaman dan kebudayaan Indonesia.

Kunjungan PSI ke Keraton Kanoman merupakan salah satu rangkaian acara Solidarity Tour Jawa Barat hari kedua yang digelar di Cirebon. Solidarity Tour Jawa Barat sudah dimulai sejak Sabtu, 12 Januari 2019 dan akan berakhir pada Kamis, 17 Januari 2019.

Dalam Solidarity Tour Jawa Barat PSI mengunjungi Kota Bandung Barat, Cirebon, Garut, Purwakarta, Sukabumi dan akan diakhiri di Bogor.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini