nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bangun Rusun untuk Pesantren, Para Santri Bilang seperti Hotel

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 20:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 337 2006482 jokowi-bangun-rusun-untuk-pesantren-para-santri-bilang-seperti-hotel-9hfzimnPuQ.jpg Jokowi di Garut (Foto: Fakhri/Okezone)

GARUT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pondok Pesantren Darul Arqam di Desa Nglampangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jum'at (18/1/2019).

Di sana, Kepala Negara meninjau pembangunan rumah susun (rusun) untuk para santri. Jokowi ingin mengecek sendiri pembangunan rusun-rusun yang ada di pondok pesantren, sekolah-sekolah, dan perguruan tinggi.

"Kualitasnya seperti apa, kekurangannya apa, untuk evaluasi ke depan," kata Jokowi.

Jokowi mengaku senang dengan desain rusun untuk para santri di Pondok Pesantren Darul Arqam. Bahkan, ia melihat satu persatu bangunan rusun tersebut.

"Saya lihat kalau kita lihat sekarang desain di luar bagus, dalamnya juga bagus. Yang di sini saya lihat kualitasnya baik," ujarnya.

(Baca Juga: Ketika Mama Dedeh Curhat Penyakit Gulanya ke Jokowi)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan akan menambah terus jumlah rusun untuk para santri dan lembaga pendidikan lainnya. "Ditambah terus tiap tahun. Tahun ini malah bukan hanya rusun saja, kita juga tambah balai latihan kerja (BLK). Ada mungkin seribuan BLK yang ingin kita bangun dari sini," ujar Jokowi.

Sejumlah santri yang belajar di Pondok Pesantren tersebut, mengaku senang dan gembira dengan rusun yang dibangun oleh Kementerian PUPR. "Ketika saya melihat bangunan rusun ini, saya pikir ini Hotel Darul Arqom," ujar Hija Hamid Fauzi, santri putra kelas X.

Hal senada juga diungkapkan oleh santri putra lainnya, yakni Nabil dan Jafi. Bagi mereka berdua, rusun ini jauh lebih baik untuk ditempati dibandingkan dengan asrama sebelumnya karena kamar yang mereka tempati dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai.

Santri-santri putri seperti Aisyah, Liesna, dan Ummuhubby juga menunjukkan rasa senangnya atas bangunan rusun tersebut. Mereka bertiga memohon kepada Jokowi agar mau membangun rusun yang diperuntukkan khusus untuk santri putri.

Kementerian PUPR pun berharap, rusun yang memiliki bangunan tiga lantai serta bisa ditempati oleh 216 santri ini, dapat memotivasi para santri untuk lebih giat belajar dan mengejar prestasi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini