nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Ambles, Kini Jalan Raya Gubeng Retak

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 20:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 519 2006465 usai-ambles-kini-jalan-raya-gubeng-retak-5C59ZBABHT.jpg Jalan Raya Gubeng ditambal karena retak. (Foto : Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA – Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) mengalami keretakan di tiga titik. Jalan yang retak itu panjangnya mencapai sekitar 50 cm dengan lebar 1 sampai 2 milimeter (mm). Akibatnya, pada titik jalan yang retak untuk sementara ditutup.

Penutupan jalan yang retak itu mempersempit ruas Jalan Raya Gubeng. Hingga kini, penyebab pasti dari retaknya Jalan Gubeng belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab jalan retak, di antaranya penurunan tanah.

Sebab galian untuk pembangunan basement di RS Siloam belum ditutup 100 persen. Pasalnya, polisi masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa amblesnya Jalan Gubeng beberapa waktu lalu.

Selain itu, diduga jalan retak karena faktor cuaca. Akhir-akhir ini Surabaya diguyur hujan. Meskipun begitu, jalan yang retak sudah ditambal. Namun, jalan retak itu masih belum bisa dilalui oleh pengendara.

Jalan Raya Gubeng retak. (Foto : Syaiful Islam/Okezone)

"Bukan ambles lagi, cuma keretakan yang terjadi di Jalan Raya Gubeng. Penyebab terjadinya retakan itu belum tahu pasti karena apa. Tapi dikhawatirkan dari basement atau cuaca," terang Pelaksana Recovery Jalan Raya Gubeng, Yunus, Jumat (18/1/2019).

(Baca Juga : Polisi Bidik Tersangka Kasus Amblesnya Jalan Gubeng)

Menurut Yunus, jalan itu retak sekitar tiga hari yang lalu. Kemudian ditutup kembali pada dua hari yang lalu. Sekarang tidak ada lagi keretakan di Jalan Raya Gubeng karena sudah ditutup.

"Saat proses pengerjaan recovery Jalan Gubeng yang ambles beberapa waktu lalu juga sudah sesuai teknis dan memenuhi syarat. Meskipun cepat, secara kualitas tetap dipantau dan tingkat kepadatan diukur. Ada alat kita untuk ukur beban," tandasnya.

(Baca Juga : Tersangka Amblesnya Jalan Gubeng Bertambah Jadi 2 Orang)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini