nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

200 Petani Donggala Terdampak Tsunami Terima Bantuan Rp5 juta/Orang

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 11:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 20 340 2006885 200-petani-donggala-terdampak-tsunami-terima-bantuan-rp5-juta-orang-hlhR4FejDS.jpg Bantuan Donggala (foto; Achmad Fardiansyah/Okezone)

PALU - Mayapada grup melalui Pohon Dana memberikan bantuan kredit terhadap petani yang terdampak bencana alam Tsunami, Tobata, Donggala, Palu, Sulawesi Selatan.

Presiden Direktur Pohon Dana Mayapada Grup, Yu Ek mengatakan, pinjaman ini akan diberikan kepada 200 petani dengan besaran Rp 5 juta per petani.

 Baca juga: Bantuan Makanan Mulai Disalurkan ke Korban Gempa Palu & Donggala

"200 hektar yang dibantu, yang sudah kita salurkan 200 petani. Masing-masing punya 1 hektar," katanya di Tobata, Donggala, Palu, Sulsel, Sabtu (19/1/2019).

 Bantuan untuk Korban Donggala (Fardiansyah/Okezone)

Dari besaran pinjaman tersebut, petani akan menerima uang Rp2,5 juta dan sisanya akan dibelanjakan untuk bibit, pupuk dan biaya teknologi pertanian.

"Untuk tahap awal 5 juta per petani. Kita kasih tunai, bibit pupuk dan teknologi," ujarnya.

Yu Ek menambahkan, jangka pinjaman tersebut terbilang fleksibel, hal itu diukur kapan para petani akan panen dan bunga pinjaman tersebut sangat kompetitif.

 Baca juga: Sakit di Kemah Pengungsian, Pensiunan Polisi di Palu Meninggal

“Kita tergantung masa panen mereka dan sampai proses mereka itu sudah bisa dijual hasil panenya. Karena panennya 5 bulan maka tenornya 5 bulan, bunganya di range 2 persen," tuturnya.

Saat ditanya, kenapa Petani Palu dipilih diberikan bantuan pinjaman melalui Pohon Dana, Yu Ek menuturkan bahwa Palu saat ini sangat minim akses perbankan akibat bencana alam beberapa bulan lalu. Namun, ke depannya, akan gencar memberikan bantuan yang sama di seluruh Indonesia.

"UMKM, petani, kita target lebih kepada mereka yang tak terjangkau dengan bank, dalam satu ini kami targetkan akan menggelontorkan Rp1 miliar," tuturnya.

 Baca juga: DPR Desak Percepatan Pemulihan Utang Korban Gempa Palu

Sementara itu, salah satu perwakilan dari petani yang menerima bantuan pinjaman dari pohon dana, Basaludin mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan Mayapada grup melalui program Pohon Dana.

"Kami bersyukur atas bantuannya, semoga ke depannya bisa memberikan solusi buat para petani di sini," ucapnya.

Udin mengaku selama ini belum ada lembaga yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman.

"Belum ada seperti ini, dulu ada di salah satu Bank. tapi harus ada pengalaman panen dua kali. ini yang menjadi bingung para petani, namun dengan datangnya kemudahan ini mudah-mudahan para petani di sini bisa sejahtera," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini