nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teror Bakar Mobil di Jateng, Ganjar Minta Poskamling Dihidupkan Kembali

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 23:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 512 2015076 teror-bakar-mobil-di-jateng-ganjar-minta-poskamling-dihidupkan-kembali-YGjqnV7HsS.jpeg Salah satu mobil warga yang menjadi korban teror bakar mobil di Jateng. Foto/Ist

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh bupati/wali kota se-Jawa Tengah untuk waspada menyusul maraknya aksi teror pembakaran kendaraan. Tidak hanya di daerah yang sudah terjadi teror, namun semua wilayah Jateng harus diamankan dari aksi teror.

"Saya telah perintahkan semua bupati/wali kota untuk mengamankan daerah masing-masing, hidupkan lagi Poskamling, pasang CCTV dan portal-portal untuk menghalangi pelaku melakukan terornya," kata Ganjar di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Kamis (7/2/2019) malam.

“Kami dibantu Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro telah melakukan banyak hal untuk pengamanan dan pengungkapan kasus ini,” tambahnya didampingi Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Foto/Ist 

Jumpa pers yang digelar mendadak oleh tiga pucuk pimpinan di Jateng itu terkait kasus pembakaran kendaraan semakin mencemaskan. Selain melanda Kota Semarang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang, terbaru kasus serupa terjadi di Grobogan.

Baca: 3 Motor Jadi Korban Teror Pembakaran di Semarang 

Baca: 15 Rentetan Teror Pembakaran Kendaraan di Jateng

"Saya juga mengimbau masyarakat tetap tenang. Kapolda, Pangdam dan instansi terkait sudah berjalan dengan cara, instrumen dan kewenangannya masing-masing," serunya.

Baca:  

Meski begitu, Ganjar tetap meminta masyarakat semakin menumbuhkan kesadarannya dalam mengamankan daerah masing-masing. Menurutnya, jajaran aparat penegak hukum tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh masyarakat.

"Polisi/TNI kalau masyarakat tidak medukung, maka tidak bisa. Membangun kesadaran kembali dari masyarakat untuk mengamankan lingkungannya masing-masing itu yang terpenting," kata dia.

Disinggung teror ini terkait tahun politik, Ganjar enggan berspekulasi dan memutuskan terlalu dini. "Mungkin kalau dilihat waktunya masa itu, tapi saya tidak mau terlalu dini. Nanti jika terungkap satu saja, maka akan terungkap semuanya. Maka jalan satu-satunya untuk mengungkap ini pelakunya harus ditangkap," paparnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini