nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Remaja Spanyol Buat Lengan Palsunya Sendiri dari Kepingan Lego

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 08 18 2015372 remaja-spanyol-buat-lengan-palsunya-sendiri-dari-kepingan-lego-UMmueBjP3Z.jpg David Aguilar memperlihatkan lengan-lengan prostetik buatannya. (Foto: Reuters)

SANT CUGAT – Seorang remaja asal Spanyol, David Aguilar, membuat sendiri sebuah lengan prostetik robotik dengan menggunakan keping-keping Lego untuk menggantikan lengan kanannya. Pemuda berusia 19 tahun itu terlahir dengan kondisi genetik langka yang menyebabkan ia tidak memiliki lengan kanan.

David Aguilar yang saat ini tengah mempelajari bioengineering di Universitat Internacional de Catalunya di Spanyol mengatakan bahwa dia telah menggunakan model keempat dari prostetik warna-warni buatannya. Aguilar berharap dapat merancang anggota badan robotik dengan harga terjangkau bagi mereka yang membutuhkannya.

Kepingan lego yang merupakan mainan favoritnya menjadi bahan baku utama dalam setiap lengan palsu yang ia buat. Lengan palsu pertama ia buat ketika berusia sembilan tahun dan setiap versi baru lengan buatannya memiliki lebih banyak kemampuan bergerak daripada yang versi sebelumnya.

Remaja yang berasal dari Andorra, sebuah kerajaan kecil antara Spanyol dan Prancis, itu mengatakan, “Sebagai seorang anak saya sangat gugup berada di depan orang lain karena saya berbeda, tetapi itu tidak menghentikan saya untuk percaya pada mimpi saya.”

“Saya ingin melihat diri saya di cermin seperti saya melihat orang lain, dengan dua tangan," lanjutnya. Meski begitu, ia mengaku hanya menggunakan lengan buatan sesekali dan sudah terbiasa tanpa menggunakannya.

Semua versi lengan palsu yang ia buat dipajang di kamarnya yang merupakan kamar asrama universitas di pinggiran Barcelona. Model terbaru yang ia buat ditandai MK, penghargaan bagi pahlawan super yang terdapat dalam buku komik Iron Man dan baju tempur MK-nya.

Diwartakan Reuters, Aguilar yang menggunakan keping-keping lego dari temannya itu dengan bangga memperlihatkan lengan robot berwarna merah dan kuning yang ia buat ketika berusia 18 tahun dapat berfungsi dengan baik, Lengan yang dilengkapi motor listrik tersebut dapat bergerak menekuk dan merenggang pada bagian siku.

Melalui rekaman video yang ia unggah di saluran YouTube miliknya dengan nama “Hand Solo”, dia mengatakan ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa tidak ada yang mustahil dan kecacatan tidak dapat menghentikan siapa pun.

Setelah lulus dari universitas, dia ingin menciptakan solusi prostetik dengan biaya yang terjangkau untuk orang-orang yang membutuhkannya.

"Saya akan mencoba memberi mereka prostetik, meski secara gratis, untuk membuat mereka merasa seperti orang normal, karena apa normal itu?"

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini