Share

Bangun Kemandirian Ekonomi Keluarga, Perindo Gelar Cooking Class di Depok

Wahyu Muntinanto, Okezone · Rabu 13 Februari 2019 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 13 606 2017505 bangun-kemandirian-ekonomi-keluarga-perindo-gelar-cooking-class-di-depok-pXygBOrCib.JPG Caleg Partai Perindo gelar pelatihan memasak di Depok demi bangun kemandirian ekonomi keluarga (Foto: Wahyu Muntinanto/Okezone)

DEPOK - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menggelar Gerakan Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga melalui pemberdayaan UMKM, dengan melaksanakan kegiatan pelatihan cooking class di Jalan Kemiri Jaya RT 07/RW 01 No 41, Beji, Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/2/2019).

Pelatihan tersebut diberikan langsung oleh Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Perindo, Henky Eko Sriyantono bersama Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat, Dudung Prilaksono dan Caleg DPRD Kota Depok, Elly kurniawati

"Kami memberikan pelatihan wirausaha mengajarkan fried chicken dan martabak mini. Menu ini sangat digemari dengan modal yang kecil tapi segmen pasarnya luas karena mulai disukai dari anak kecil sampai dewasa," kata Eko kepada Okezone di Depok.

Penggiat sekaligus praktisi UMKM Nasional Perindo ini mengaku antusias warga sangat tinggi mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, setiap pelatihan yang diberikan, baik kalangan ibu maupun bapak-bapak tampak antusias. Mereka satu persatu mencoba memasak di bawah arahan koki Henky Eko.

"Ini rangkaian wirausaha kita juga mengajarkan memasarkan produk. Ada 4P yakni Produk, Promosi, Place (tempat), Price (harga). Tadi, ibu-ibu kami ajarkan menghitung harga modal tadi ayam satu dipotong jadi berapa ditambah tepung sehinga bisa bersang dengan usaha yang sudah eksis lainya," tuturnya.

Ia melanjutkan, setelah mengikuti pelatihan ini, para ibu-ibu secara otomatis langsung masuk sebagai anggota komunitas Sahabat Henky Eko Sriyantono melalui grup WhatsApp (WA) sehingga proses mentoring tetap berjalan.

"Banyak yang termotivasi kalau mereka termotivasi, artinya program kemandirian ini terwujud tentunya akan merekrut tenaga kerja ini membantu program pemerintah mengentaskan pengangguran," ujar dia.

Ilmu pelatihan memasak yang diajarkan oleh Cak Eko, sapaan akrabnya, tidak sebatas hanya membuat fried chicken tetapi juga martabak mini.

Cooking Class Partai Perindo

"Untuk pekan depan sudah ada komunitas ibu-ibu di wilayah kelurahan lain di Kota Depok dan Bekasi yang meminta diajarkan membuat bolu gulung dan brownies. Namun untuk setiap sesi pelatihan diajarkan dua menu saja agar peserta dapat lebih fokus dan menyerap ilmu dengan baik," ucap Henky.

Sementara di lokasi yang sama, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat, Dudung Prilaksono berharap, dengan pelatihan cooking class para ibu dapat lebih produktif dan mandiri. Provinsi Jawa Barat kata dia juga diharapkan bisa menjadi barometer dalam perekonomian keluarga.

"Melihat kondisi saat ini daya beli masyarakat menurun untuk itu visi ke depan Perindo dalam membangun Indonesia sejahtera dengan cara memberikan pelatihan kepada kaum perempuan supaya mandiri dan produktif. Karena kondisi di masyarakat di Jawa Barat sangat bagus makanya kita harus mendorong melalui wirausaha," ujar Dudung.

Menurut Henky, tren saat ini kaum milenial sudah memilih membuka usahanya sendiri ketimbang bekerja sebagai pegawai kantoran. Oleh karenanya kata dia, kegiatan pelatihan memasak oleh Perindo sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Sekarang ini musimnya mandiri, banyak yang selesai sekolah dan kuliah tapi tidak minat bekerja di kantoran tapi memilih membuka usaha sendiri," katanya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini