nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Duterte Usulkan Ganti Nama Filipina Jadi Maharlika

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 12:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 14 18 2017825 presiden-duterte-usulkan-ganti-nama-filipina-jadi-maharlika-uXiynIBiJn.jpg Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengusulkan perubahan nama negaranya menjadi Maharlika. Usulan tersebut dicetuskan untuk membentuk identitas baru dan melepaskan nama Filipina yang terkait dengan masa penjajahan.

Dalam pidato yang dituturkan pada Senin, 11 Februari, Duterte mengatakan bahwa opsi untuk mengubah nama Filipina menjadi Maharlika, yang merujuk pada kaum bangsawan, adalah pilihan yang baik.

Namun, Presiden Senat Tito Sotto mengatakan bahwa jika usulan tersebut direalisasikan, mungkin akan diperlukan penulisan ulang Konstitusi atau UUD yang menyebutkan Filipina sebagai nama negara.

"Itu akan membutuhkan terlalu banyak perubahan," katanya dalam pesan singkat, yang dikutip dari South China Morning Post, Kamis (14/2/2019).

Usulan pergantian nama negara juga sempat disampaikan Mantan Presiden Ferdinan Marcos untuk mempromosikan nasionalisme setelah ia menempatkan Filipina di bawah kekuasaan militer. Namun hal tersebut tidak sempat terealisasikan hingga kepemimpinannya berakhir setelah digulingkan pada 1986.

“Marcos benar. Dia ingin mengubahnya ke Maharlika, karena itu adalah kata Melayu yang lebih berarti konsep ketenangan dan kedamaian," ujar Duterte.

Kata Maharlika sendiri juga merupakan kata yang kerap disebutkan Mantan Presiden Ferdinand Marcos dalam mengisyaratkan prestasinya. Dia mengklaim telah memimpin pasukan militer dengan nama “Unit Maharlika” pada Perang Dunia II. Namun, laporan dari New York Times mengatakan bahwa, berdasarkan penyelidikan militer, hal tersebut tidaklah benar.

Nama Filipina sendiri berasal dari nama Raja Spanyol, Philip II ketika negara tersebut masih menjadi koloni Spanyol.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini