nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Pertama Kalinya, Warga Arab Saudi Rayakan Valentine Secara Terbuka

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 19:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 18 2018087 untuk-pertama-kalinya-warga-arab-saudi-rayakan-valentine-secara-terbuka-xmfg31cljq.jpg Foto: Arab News.

JEDDAH – Perayaan Hari Valentine di Arab Saudi tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak seperti tahun lalu, perayaan Hari Valentine di kerajaan Teluk itu kini dilakukan secara terbuka.

Bunga-bunga mawar kini tak lagi disembunyikan di toko bunga, dan cokelat berbentuk hati dipamerkan di etalase toko. Hal itu bertolak belakang dengan perayaan Hari Valentine sebelumnya yang sangat tertutup karena adanya aturan yang ditetapkan oleh polisi religi Arab Saudi pada 2016.

Diwartakan Arab News, Kamis (14/2/2019), pada 2018, tokoh-tokoh keagamaan Arab Saudi untuk pertama kalinya mendukung perayaan Hari Valentine di negara kerajaan itu.

Melalui siaran televisi, Mantan Presiden Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan Arab Saudi, Syekh Ahmed Qasim Al-Ghamdi mengumumkan bahwa merayakan Hari Valentine tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan tidak terbatas pada non-Muslim saja.

BACA JUGA: Ulama Saudi: Ucapkan Selamat Valentine Tidak Berlawanan dengan Syariat Islam

Syekh Al-Ghamdi mengatakan, seperti juga Hari Ibu, Hari Valentine dirayakan di seluruh dunia, sebagai "aspek positif dari manusia".

Pernyataan sang syekh membuat Hari Valentine kini menjadi bisni yang sangat menguntungkan, terutama bagi toko bunga, restoran, kafe, klinik kosmetik, dan salon kecantikan.

Merek cokelat dan makanan gourmet, seperti Godiva, telah menyiapkan produk-produk untuk hari kasih sayang ini.

Abdulaziz Al-Noman, seorang chocolatier atau pembuat coklat kelas atas lokal telah bekerja sama dengan pengecer Rubaiyat dan Fitaihi Jewelry untuk menawarkan produk kotak cokelat dan bunga gratis pada para pelanggan.

Fitaihi, merek perhiasan yang terkenal di Arab Saudi, menawarkan diskon untuk gelang dan liontin cinta untuk perayaan yang mereka sebut "acara yang sangat istimewa."

Nadine Attar, seorang perancang perhiasan dengan merek Nadine Jewellery, telah mendesain sebuah koleksi khusus bertajuk "A Journey of Love," untuk Hari Valentine. Koleksi terbatas Attar mengutip ayat-ayat dari Al-Qur'an dan penyair Arab terkenal seperti Khalil Gibran dan Al-Mutanabi.

“Saya memutuskan untuk menggunakan warna dan simbol cinta, karena itu batu ruby berbentuk hati, yang secara tradisional dipasangkan dengan emas putih dan kuning, tetapi saya memilih rose gold sebagai warna mawar dan merah menciptakan kombinasi modern, dan mereka berpadu sangat baik bersama dalam melambangkan kesempatan ini, " kata Attar kepada Arab News.

Merek lingerie Nayomi telah meluncurkan kampanye bertajuk #CelebrateRomanceWithNayomi, dengan diskon hingga 25 persen pada koleksi romance, dan pengiriman gratis untuk semua pesanan hingga 14 Februari.

Pusat kebugaran seperti ReFit Gym menawarkan diskon untuk keanggotaan baru, dan supermarket seperti Manuel dan Al-Tamimi memiliki penjualan khusus untuk produk-produk seperti cokelat, boneka beruang, dan mawar merah.

Beberapa panduan lokasi dan perjalanan juga telah membuat daftar lokasi-lokasi romantis untuk makan malam atau menghabiskan waktu bersama pasangan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini