Setelah 100 Tahun, Black Panther Kembali Tertangkap Kamera di Hutan Afrika

Agregasi BBC Indonesia, · Jum'at 15 Februari 2019 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 15 18 2018199 setelah-100-tahun-black-panther-kembali-tertangkap-kamera-di-hutan-afrika-TcNXo1u9ch.jpg Macan kumbang di hutan Afrika kembali tertangkap kamera setelah 100 tahun lamanya (Foto: Berrad-Lucas)

MACAN kumbang atau Balck Panther terlihat di banyak tempat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi memfoto salah satu binatang yang dijadikan nama pahlawan super terkenal di hutan Afrika lebih jarang terjadi.

Fotografer alam Will Burrard-Lucas berhasil melakukannya dan ini diperkirakan untuk pertama kalinya seseorang menangkap macan kumbang lewat kamera di Afrika dalam 100 tahun terakhir.

Hanya terdapat sedikit foto mahluk ikonik yang suka menyembunyikan diri ini.

Burrard-Lucas mendengar kabar tentang panter hitam -istilah longgar bagi macan hitam atau jaguar hitam, bergantung pada asalnya di dunia- di Laikipia Wilderness Camp, Kenya.

Setelah mengikuti jejak macan lewat semak-semak dengan pemandu, Steve, ia akhirnya memutuskan satu tempat untuk menaruh jebakan kamera Camtraptions.

"Saya cukup terbiasa memasang jebakan kamera dan tidak mendapatkan apa pun karena ini sangatlah spekulatif. Anda tidak mengetahui apakah binatang yang Anda ingin dapatkan akan datang ke tempat di mana Anda menaruh kamera."

Mereka tidak yakin apakah jejak yang mereka ikuti adalah milik macan kumbang atau macan tutul.

"Saya tidak pernah terlalu berharap dan setelah beberapa malam saya tidak mendapatkan macan, saya mulai berpikir kemungkinan saya akan beruntung mendapatkan foto macan tutul, apalagi kalau macan kumbang."

Tetapi pada malam ke empat, dia beruntung. "Saya tidak segera menyadari apa yang berhasil saya dapatkan, ini adalah subjek yang sangat luar biasa,".

"Biasanya foto jebakan kamera seperti ini dilengkapi lampu, (jadi) Anda melihat binatang dengan sangat jelas. Tetapi karena binatang ini sangat menyatu dengan kegelapan malam, yang dapat Anda lihat hanyalah tatapan mata di foto."

Macan kumbang yang ia foto adalah macan jantan dan berdasarkan ukurannya, diperkirakan berumur sekitar dua tahun.

"Kita selalu mendengar adanya macan kumbang yang hidup di daerah ini, tetapi cerita tersebut tidak dilengkapi foto berkualitas tinggi yang dapat memastikan keberadaannya," kata Nicholas Pilfold PhD, peneliti utama program konservasi macan di Laikipia County.

"Ini adalah foto pertama yang memastikan keberadaannya dalam hampir 100 tahun, yang memastikan bahwa macan kumbang di Afrika dan daerah ini adalah satu-satunya tempat di seluruh Afrika yang dikenal memiliki macan kumbang."

Burrard-Lucas meninggalkan kameranya di taman nasional di Kenya dan akan terbang kembali dalam beberapa minggu untuk memeriksa apalagi yang berhasil ditangkap, tetapi waktu untuk mendapatkan lebih banyak foto semakin habis.

"Di usia ini adalah saatnya dia biasanya diusir dari wilayahnya oleh jantan yang lebih besar dan kuat, dan pergi mencari wilayahnya sendiri. Jadi ini mirip berkejaran dengan waktu agar mendapatkan lebih banyak foto."

Apa itu macan kumbang?

Adalah mudah memandang macan kumbang sebagai binatang tersendiri, tetapi Burrard-Lucas mengatakan ini tidaklah tepat.

"Istilah yang membuat mereka hitam dinamakan melanisme dan ini ada hal yang sama yang membuat seekor kucing rumah berwarna hitam atau spesies kucing lainnya.

"Ini mirip dengan albino tetapi secara kebalikannya.

"Seekor macan kumbang sebenarnya adalah kucing besar melanistik. Biasanya di Afrika dan Asia ini dapat berarti macan melanistik - macan kumbang.

Apakah ini ayah dari Macan Kumbang?

"Panter hitam adalah istilah yang lebih longgar."

Will juga menangkap macan tutul pada salah satu jebakan kameranya, yang kemungkinan adalah ayah dari macan kumbang.

Anda tidak memerlukan dua ekor macan kumbang untuk melahirkannya, tetapi kedua orang tua perlu memiliki gen resesif bagi melanisme.

Burrard-Lucas mengatakan sulit untuk mengetahui jumlah macan di Afrika Timur karena mereka sangat menyembunyikan diri.

"Dan tambahan lagi hanya sebagian dari binatang ini berwarna hitam bukan?

"Jadi kemungkinan hanya sedikit jumlahnya yang berwarna hitam di Afrika timur,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini