Sebut Harga Beras Indonesia Termahal di Dunia, TKN Jokowi: Prabowo Hoaks Lagi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 15 605 2018351 sebut-harga-beras-indonesia-termahal-di-dunia-tkn-jokowi-prabowo-hoaks-lagi-k62tMExHqH.jpg Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga (Foto: Okezone)

JAKARTA - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto soal harga beras dan daging di Indonesia yang merupakan salah satu tertinggi di dunia adalah berita bohong alias hoaks.

Berdasarkan data, Arya Sinulingga memaparkan bahwa harga beras di Indonesia berada di urutan ke-80 di dunia, yakni sebesar Rp12.000 per kilogram. Sedangkan, beras yang paling mahal terdapat di Jepang seharga Rp 59.000/kilogram.

"Ini Prabowo mulai menakut-nakuti dan membuat data hoaks lagi. Ini sangat berbahaya untuk bangsa. Karena Prabowo mengatakan bahwa harga beras tertinggi di dunia dan daging tertinggi di dunia," ujar Arya Sinulingga kepada awak media, Jumat (15/2/2019).

"Kita itu hanya lebih mahal daripada Polandia yang Rp 11.857, Vietnam, Nepal, Kazhakstan dan sebagainya. Untuk di Asia Tenggara saja, kita termasuk rendah. Bahkan dibanding Thailand pun, kita masih lebih rendah," kata dia.

Politikus Partai Perindo tersebut justru mempertanyakan kembali pernyataan Prabowo Subianto mengenai harga besar di Indonesia paling mahal. Maka, ia mengimbau agar calon presiden nomor urut 02 itu agar tidak membuat kabar hoaks kembali.

Prabowo Subianto

"Jadi kalau dikatakan Pak Prabowo bahwa Indonesia paling mahal harga beras, ini beras apa? beras mana? Pak Prabowo ini tahu tidak harga beras? Dia pernah beli beras? Jangan buat kebohongan-kebohongan lagi," tuturnya.

Sama halnya dengan beras, Prabowo juga menyebutkan kalau harga daging di Indonesia tertinggi di dunia. Padahal berdasarkan dara, Arya Sinulingga menjelaskan bahwa harga daging di Indonesia berada diurutan ke-49, yang dimana harga daging tertinggi terdapat di Swiss.

"Demikian juga dengan harga daging. Pak Prabowo mengatakan bahwa harga daging tertinggi di dunia. Ini lebih parah lagi. Karena bukti bahwa harga daging di dunia Indonesia masuk nomor 49, dari 89 negara. Jadi, ada di atasnya 48 negara yang lebih mahal. Paling mahal itu di Swiss, mencapai Rp 675.000/kg, Hong Kong mencapai Rp276.000/kg," kata Arya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini