Lemkapi Akan Investigasi Aksi Bunuh Diri Bripka Poltak

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 16 Februari 2019 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 16 340 2018755 lemkapi-akan-investigasi-aksi-bunuh-diri-bripka-poltak-36kWNua6OB.jpg Police Line (Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) berencana akan melakukan investigasi atas peristiwa aksi bunuh diri Bripka Kristian Poltak Bosta Sitorus.

"Kami akan coba melakukan penelitian soal ini," kata Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan kepada Okezone, Sabtu (16/2/2019).

 Baca juga: Bripka Poltak Bunuh Diri dengan Tembak Kepalanya di Polsek Batu Ampar

Menurutnya, kejadian serupa sebenarnya sering terjadi dan banyak factor. Dirinya mengatakan, bunuh diri di kepolisian bisa dipicu oleh kesejahteraan yang kurang baik, faktor beban kerja hingga pada masalah pribadi.

 https://img.okeinfo.net/content/2019/02/13/340/2017378/bripka-poltak-bunuh-diri-dengan-tembak-kepalanya-di-polsek-batu-ampar-o2zf4nL6ul.jpg

"Banyak faktor (polisi bunuh diri), bisa karena masalah pribadi yang tidak bisa diselesaikan sendiri, lalu faktor beban tugas yang berat dan faktor ekonomi yang kurang baik," ujarnya.

Mantan Komisioner Kompolnas ini juga menyoroti, kesejahteraan anggota TNI/Polri. Dirinya menilai, kesejahteraan anggota TNI/Polri kurang memadai jika dilihat dengan tugas dan risikonya.

 Baca juga: 6 Kasus Polisi Bunuh Diri, dari Menembak Kepala Sendiri hingga Gantung Diri

"Sekarang kesejahteraan belum sepenuhnya bagus. Gaji Polri dan TNI tetap belum rasional dengan tugas dan risiko berat," ujarnya.

Dirinya mengatakan, untuk mengatasi aksi bunuh diri di kalangan penegak hukum, Edi meminta agar para atasannya memberikan bimbingan kepada jajarannya. "Ini para komandan harus memperhatikan kesulitan anggotanya. Sebaliknya juga anak buah harus banyak sharing dengan kawan dan komandannya di kantor," tutupnya.

 Baca juga: Benarkah Bripka Poltak Sempat Bertengkar dengan Seseorang Sebelum Tewas?

Sebagaimana diketahui, Bripka Poltak nekat menghabisi nyawanya sendiri di Mapolsek Batu Ampar, siang tadi. Ia bunuh diri dengan cara menembak kepalanya menggunakan senjata api milik rekannya. Hingga saat ini, belum diketahui pasti motif Bripka Poltak bunuh diri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini