nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geger, Ada Ular Piton 3 Meter di Plafon Rumah Warga Pangkalan Bun

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 13:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 18 340 2019552 geger-ada-ular-piton-3-meter-di-plafon-rumah-warga-pangkalan-bun-0jrmqT3wa5.JPG Ular Phyton (USA Today)

KOTAWARINGIN BARAT - Seekor ular Piton dengan panjang 3 meter dan berat 10kg ditemukan di atap plafon rumah warga di Jalan Landak, RT.01, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Minggu 17 Februari 2019 sekira pukul 21.00 WIB.

Sang pemilik rumah, Samsudin Nur (55) bersama warga sekitar berhasil menangkap ular Piton tersebut dan langsung diserahkan kepada petugas Animal Rescue, Satdamkar Kobar.

 Baca juga: Ular Piton Bermunculan di Gunungkidul, Melukai Beberapa Warga

"Saat petugas tiba di lokasi, ular sanca (piton) itu sudah dalam kondisi diamankan warga dan dua anggota dari BPBD Kobar. Kini ular tersebut sudah kita amankan di Mako Damkar dan rencana akan diserahkan ke BKDSA sore ini,” ujar petugas Damkar Kobar, Rizki Dwi Fachrozi sambil memperlihatkan ular bersama pertugas Damkar lainnya, Senin (18/2/2019).

 Ular di Pangkalan Bun

Rizki menjelaskan, selama ini petugas Damkar Kobar tidak hanya menangani laporan kebakaran saja, sering kali petugas damkar juga mendapati laporan adanya gangguan dari binatang berbahaya di rumah warga, baik ular, tawon bahkan juga menyelamatkan kucing yang terjebak di dalam sumur.

 Baca juga: Heboh Ular Piton 4 Meter Masuk ke Rumah dan Warung Warga Pangkalan Bun

"Dugaan kami ular itu masuk ke atas plafon rumah warga karena hendak memangsa tikus,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SKW II BKSDA Kalteng di Pangkalan Bun, Agung Widodo mengatakan, ular Reticulatus Phytonus (ular sawah) sering ditemukan warga beberapa hari terakhir ini karena pengaruh hujan. Kemudian, kondisi air di rawa yang merupakan habitat ular piton menjadi meninggi sehingga terbawa arus.

 Baca juga: Ular Piton 3 Meter Ditangkap di Belakang Rumah Bupati Boyolali

"Ketika air surut, akhirnya ular tersebut terjebak di permukiman rumah warga. Nanti kalau sudah diserahkan ke kami, akan langsung lepas liarkan ke SM Lamandau,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini