nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makam Warga di Mojokerto Dipindah Gara-Gara Beda Agama

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 18:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 21 519 2021144 makam-warga-di-mojokerto-dipindah-gara-gara-beda-agama-zQ7sweIfgE.jpg

MOJOKERTO - Perbedaan keyakinan membuat sebuah makam di Desa Ngareskidul, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto harus dipindahkan lantaran jasad beragama nonmuslim.

Dari informasi yang dihimpun Okezone, makam warga yang bernama Nunuk Suwartini ini dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat. Namun lantaran Nunuk beragama nonmuslim, warga yang mayoritas beragama muslim meminta ahli waris makam Nunuk untuk dipindahkan.

Nunuk sendiri meninggal dunia pada Kamis 14 Februari 2019 lalu. Ia dimakamkan di TPU Ngareskidul, pada Jumat 15 Februari 2019. Namun lantaran berbeda keyakinan warga meminta untuk memindahkan makam Nunuk.

Musyawarah pun digelar, sesuai kesepakatan antara pihak desa, tokoh masyarakat setempat, dan ahli waris akhirnya makam Nunuk dipindah ke pemakaman Nasrani di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto.

Pemindahan ini dilakukan untuk menghindari gesekan berpotensi muncul di masyarakat Desa Ngareskidul. "Masih proses ini (pemindahan jenazah)," jawab Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dihubungi Okezone, Kamis (21/2/2019).

(Baca Juga: Gara-Gara Beda Pilihan Caleg, Makam Kakek dan Cucu di Gorontalo Dipindah)

Pihaknya juga mengimbau untuk masyarakat tetap tak terprovokasi dengan kabar yang belum tentu kebenarannya mengenai isu tersebut.

"Masyarakat kita minta tidak terpancing dengan isu - isu dan kabar provokasi di media sosial yang belum tentu benar," tutup Barung.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini