KPK Heran Parpol Masih Saja Daftarkan Eks Koruptor sebagai Caleg

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 06:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 22 606 2021323 kpk-heran-parpol-masih-saja-daftarkan-eks-koruptor-sebagai-caleg-YIdFduvXmZ.jpg Saut Situmorang. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengaku heran dengan partai Politik (parpol) yang masih mendaftarkan mantan koruptor sebagai calon legislatif (caleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Saut mengaku sulit menerka, apakah parpol yang membuka ruang atau memang tidak ada proses penyaringan yang ketat di parpol.

"Sulit menebak-nebah,” kata Saut kepada Okezone, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Saut berharap ada langkah tegas dari parpol terkait daftar yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan bebas dari korupsi.

Ilustrasi.

"Namun kalau kita mau egalitarianisme, sebaiknya tentu mereka mengikuti saran KPU," ucap Saut.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan membeberkan secara rinci identitas napi mantan narapidana korupsi di website resmi KPU. "Setelah kita selesaikan pembuatan datanya, kita akan unggah di laman resmi KPU," ujarnya.

Dalam publikasi daftar caleg mantan terpidana korupsi ini, KPU mengacu pada ketentuan di Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislatif dengan status mantan narapidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

Daftar caleg eks koruptor bisa dilihat di sini.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini