Prabowo Dituntut Kembalikan Lahan di Aceh ke Masyarakat Adat Gayo

Windy Phagta, Okezone · Sabtu 23 Februari 2019 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 23 340 2021875 prabowo-dituntut-kembalikan-lahan-di-aceh-ke-masyarakat-adat-gayo-qae3afIxoY.jpg Masyarakat Gayo Merdeka demo di Simpang Lima, Banda Aceh, menuntut Prabowo kembalikan lahan (Windy/Okezone)

BANDA ACEH - Belasan orang menamakan dirinya Masyarakat Gayo berunjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Kota Banda Aceh. Mereka menuntut Prabowo Subianto mengembalikan lahan yang dikuasai perusahaannya di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah ke masyarakat adat.

Dalam demonstrasi, Sabtu 23/2/2019), massa juga meminta agar PT Tusam Hutani Lestari milik Prabowo di dataran tinggi Gayo -meliputi Aceh Tengah dan Bener Meriah- menghentikan aktivitasnya.

Dalam aksinya, selain berorasi menyampaikan aspirasi, Masyarakat Gayo Merdeka mengikat kepalanya dengan kain putih dan membawa spanduk bertuliskan ‘Prabowo Kembalikan Tanah Kami’.

Mereka menuding Prabowo melalui PT Tusam Hutani Lestari telah menyerobot tanah adat masyarakat Gayo. Penguasaan lahan tersebut dinilai menjadi salah satu faktor kemiskinan penduduk setempat, karena sudah minim tanah untuk digarap.

Kordinator lapangan Gayo Merdeka, Muhammaddiansyah meminta, agar Prabowo Subianto melepaskan seluruh tanah itu pada masyarakat Gayo.

 

Prabowo Subianto (Okezone)

"Pengelolaan lahan oleh Prabowo merupakan sumber kemiskinan rakyat Gayo dan atas dasar kemanusiaan, kami Gayo Merdeka mengecam keras tindakan tersebut,” katanya.

“Tidak ada ruang bagi Prabowo Subianto menguasai tanah di Gayo karena jelas hutan yang ada di Gayo sejak zaman kerajaan dulu adalah hutan adat," ujar Muhammaddin.

(Baca juga: Eks Panglima GAM Bantah Lahan Prabowo di Aceh Dikuasai Mantan Kombatan: Itu Dusta!)

Muhammaddin meminta PT Tusam Hutan Lestari (THL) menghentikan seluruh aktivitasnya di lahan tersebut dan segera angkat kaki dari tanah Gayo.

"Kami juga meminta Prabowo meminta maaf kepada rakyat Gayo dan mengembalikan semua keuntungan yang selama ini diterimanya," tuturnya.

(Baca juga: Prabowo Miliki Tanah Ratusan Ribu Hektare, Ini Sederet Faktanya)

Muhammaddin juga menuding PT THL turut menjual sebagian lahan tersebut kepada masyarakat. “Lahan itu sudah dijual kemasyarakat tapi kepemilikannya tidak jelas. Apalagi pinus ini sudah dimiliki orang asing," katanya.

Prabowo diketahui memiliki 97.300 hektare lahan di Aceh Tengah dan Bener Meriah. Lahan itu dikelola PT Tusam Hutani Lestari.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini