nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau, TNI Bikin Hujan Buatan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 27 340 2023618 atasi-kebakaran-hutan-dan-lahan-di-riau-tni-bikin-hujan-buatan-idYF7R1WjR.jpg Kebakaran lahan di Riau. (Dok BNPB)

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau sampai saat ini belum teratasi. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, termasuk dengan hujan buatan.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Roesmin Nurjadi Pekanbaru, Kolonel Jajang Setiawan mengatakan, upaya hujan buatan dilakukan dengan cara teknologi modifikasi cuaca (TMC).

“Kita melakukan operasi penyemaian awan dengan menabur garam di awan yang berpotensi hujan,” ujar Kolonel Jajang di Posko Siaga Darurat Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau di Kompleks Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (27/2/2019).

Kebakaran hutan Riau

Berdasarkan hasil pemetaan, sejumlah wilayah rawan kebakaran yang akan disemai garam adalah Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Rupat saat ini merupakan daerah terparah kebakaran hutan dan lahan di Riau. Mabes TNI sudah mengirim satu kompi pasukan Kostrad untuk membantu penanggulangan kebakaran di sana.

"Selain itu, TMC akan dilakukan di Kabupaten Siak, Pelalawan, Rohil, dan Kepulauan Meranti," katanya.

(Baca Juga : Korban Asap Kebakaran Hutan Riau Capai 2.717 Warga dan Terus Bertambah)

Ia menjelaskan, operasi TMC untuk menciptakan hujan buatan merupakan perintah dari Panglima TNI, yang beberapa waktu turun ke Riau untuk meninjau kebakaran.Operasi TMC dilakukan menggunakan Pesawat Cassa 212. Pesawat itu merupakan kiriman dari Lanud Abdulrachman Saleh.

"Hari ini kita menyemai sebanyak 600 kg. Kita masih ada stok 12,5 ton," katanya.

(Baca Juga : Kebakaran Lahan Konsesi PT Chevron di Dumai Belum Padam)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini