nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Pasaman Sumbar Dirasakan hingga Jambi, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Azhari Sultan, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 10:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 28 340 2023864 gempa-pasaman-sumbar-dirasakan-hingga-jambi-warga-panik-dan-berhamburan-keluar-rumah-zuUR1oqxvx.jpg Ilustrasi Gempabumi (foto: Shutterstock)

JAMBI – Gempa yang terjadi hingga dua kali di Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) juga dirasakan hingga Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, pada Kamis (28/2/2019).

Warga Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Eko mengaku, merasakan gempa tersebut. Saat itu, dirinya sedang mengerjakan sesuatu menggunakan laptop miliknya. Mendadak, terasa rumah semi permanen miliknya bergoyang.

(Baca Juga: Gempa Pasaman Dirasakan hingga Jambi, Warga: Air Got Saja Sampai Berguncang) 

"Terasa nian getarannya bang, dari catatan BMKG ada dua kali terjadi gempa. Tapi yang kedua kali terasa nian getaran gempanya. Lampu rumah saya saja ikut bergoyang," tutur Eko kepada Okezone.

Hal senada diakui Ali, warga Kualatungkal lainya kepada Okezone. Dirinya merasakan tempat tidurnya dan perabot rumah tangganya bergetar. "Getaran gempanya tidak lama, sekitar 30 detiklah," ungkap Ali.

Rumah di Solok hancur karena gempa (Rus Akbar)	Rumah di Solok Hancur karena Gempa di Sumbar (foto: Rus Akbar/Okezone)

Ali menambahkan, saat gempa dirinya dan keluarganya sempat panik dan keluar dari dalam rumahnya. Ternyata, dia tidak sendiri, di luar rumah sudah banyak warga yang juga panik dengan getaran gempa.

"Ada gempa, ada gempa. Warga sempat panik, tapi tidak berlangsung lama. Selanjutnya, warga beraktifitas kembali," ucap Ali.

Data yang dihimpun Kamis pagi ini, BMKG mencatat 2 kali gempa bumi terjadi di Sumatera Barat. Pertama, gempa berkekuatan magnitudo 4,8 terjadi pada pukul 01:55:02 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa berada di darat 19 km barat daya Kabupaten Solok Selatan. Tepatnya pada koordinat 1.59 Lintang Selatan (LS) hingga 101.27 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 11 km.

(Baca Juga: Gempa Pasaman Sumbar Buat 10 Orang Luka-Luka dan Puluhan Rumah Rusak di Kabupaten Solok Selatan) 

Gempa yang mengguncang Solok Sumatera Barat tersebut dirasakan (MMI) III di Solok Selatan. Kedua, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi pada pukul 06:27:05 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa berada di 38 km Timur Laut Pasaman-Sumbar.

Tepatnya pada koordinat 1.40 Lintang Selatan (LS) hingga 101.55 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 km. Gempa yang mengguncang Pasaman Sumatera Barat tersebut tidak berpotensi tsunami.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini