nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tanzania Tahan 65 Dukun Atas Pembunuhan Ritual 10 Anak-Anak

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 05 18 2026016 polisi-tanzania-tahan-65-dukun-atas-pembunuhan-ritual-10-anak-anak-2cHYK3TKxT.jpg Foto: Getty Images.

DODOMA - Polisi Tanzania menangkap 65 dukun atau penyembuh tradisional dalam penyelidikan terkait pembunuhan ritual terhadap sedikitnya 10 anak-anak. Para korban dibunuh pada Januari dan banyak di antara mereka yang organ tubuhnya diambil untuk melakukan ritual.

Ada kepercayaan di antara sebagian orang di Tanzania, dan negara-negara tetangganya, bahwa menggunakan bagian tubuh manusia dalam ritual dapat mendatangkan kekayaan dan keberuntungan.

Inspektur jenderal polisi, Simon Sirro, telah memerintahkan agar setiap dukun dan tabib tradisional memperoleh lisensi.

"Kami juga telah meminta lembaga lain seperti pemimpin agama dan politisi untuk membantu kami," tambahnya sebagaimana dilansir BBC, Selasa (5/3/2019).

Sepuluh anak dibunuh di wilayah Njombe barat daya sementara di wilayah utara Simuyu, jumlah korban pembunuhan tidak diketahui. Salah satu korban, Goodluck Mfugale, baru berusia lima tahun ketika dia terbunuh.

Ada kepercayaan tertentu bahwa bagian tubuh orang yang memiliki kondisi albinisme sangat ampuh untuk digunakan dalam ritual. Kepercayaan tersebut telah menyebabkan banyak pembunuhan terhadap anak-anak penderita albinisme.

Namun tidak jelas apakah salah satu dari 10 anak yang diketahui telah dibunuh memiliki albinisme.

Menurut laporan Kesehatan Masyarakat BMC 2006, Albinisme sangat lazim di Tanzania dengan satu dari 1.400 penduduk terdampak. Angka itu termasuk tinggi dibandingkan dengan satu dari 20.000 di negara-negara Barat.

Aktivis di Afrika mengatakan, kemiskinan berkontribusi pada kecurigaan di sekitar penderita albino dan keyakinan bahwa bagian tubuh mereka dapat dijual dengan sejumlah besar uang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini