nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Erupsi Gunung Merapi Dipastikan Hoaks!

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 05 512 2026182 video-erupsi-gunung-merapi-dipastikan-hoaks-VBpz9AKsQG.jpg Video hoaks tentang erupsi Gunung Merapi

SEMARANG - Masyakat kembali digegerkan informasi menyesatkan tentang erupsi Gunung Merapi. Video yang berisi kepanikan warga itu beredar luas melalui pesan singkat WhatsApp.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, menampilkan banyak warga berlarian karena ketakutan. Sebab, gunung yang berdiri kokoh tampak menyemburkan asap berwarna putih secara terus-menerus.

Menanggapi video yang beredar liar itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memastikan bahwa kabar tersebut tak benar.

(Baca Juga: Warga Swadaya Membuat 'Gardu Pandang' untuk Pantau Aktivitas Gunung Merapi)

"Beredar di Whatsapp grup video erupsi Merapi. Video tersebut bukan aktivitas Merapi hari ini (05/03/2019)," tulis petugas BPPTKG, dilansir dari akun Twitter @BPPTKG, Selasa (5/3/2019).

"Periode pengamatan pukul 00:00-14:00 WIB tidak terjadi awan panas guguran. Mohon untuk tidak menyebarkan video yg tidak jelas sumbernya. Tetap pantau akun resmi BPPTKG," tulis petugas.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini