Dukung Pemimpin Oposisi, Dubes Jerman Diminta Pergi dari Venezuela

Agregasi VOA, · Kamis 07 Maret 2019 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 07 18 2026937 dukung-pemimpin-oposisi-dubes-jerman-diminta-pergi-dari-venezuela-NoIZtaZvNt.jpg Duta Besar Jerman Martin Kriener diperintahkan meninggalkan Venezuela. (Foto: Reuters)

PEMERINTAH Venezuela memerintahkan pengusiran terhadap Duta Besar Jerman Martin Kriener karena mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido yang terlibat pertarungan politik dengan Presiden Nicolas Maduro.

Pemerintah Venezuela menyatakan Dubes Martin Kriener diberi waktu 48 jam untuk meninggalkan Venezuela karena dinilai melakukan campur tangan atas masalah dalam negeri Venezuela. Perintah itu datang setelah Kriener bertemu Guaido di Bandara Caracas pada Senin 4 Maret 2019 sekembalinya Guaido ke Venezuela.

Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. (Foto: Reuters)

Guaido, yang diakui oleh Amerika Serikat dan sekira 50 negara lain sebagai pemimpin sementara Venezuela, kembali dengan pesawat komersial menyusul lawatannya ke negara-negara Amerika Latin yang melanggar larangan perjalanan yang dikenakan pengadilan. Dalam sebuah kesempatan tidak lama setelah kembali, Guaido menyerukan agar Maduro dipecat.

Venezuela sendiri kini berada di tengah-tengah krisis kemanusiaan yang diperkirakan akan memburuk, ketika sanksi minyak dari AS menimbulkan kerugian besar terhadap ekonomi Venezuela.

Para pendukung Guaido berpendapat dipilihnya kembali Maduro pada tahun lalu, yang didukung oleh Rusia, tidak sah.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: Ist)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini