nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Bantah Postingan Akun Opposite6890 soal Mengorganisir 'Buzzer' Politik

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 15:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 08 337 2027425 polri-bantah-postingan-akun-opposite6890-soal-mengorganisir-buzzer-politik-OAb4EqATcB.jpg Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Sebuah akun media sosial (medsos) Twitter menjadi bahan perbincangan publik lantaran menuding Mabes Polri mengorganisir ribuan akun untuk menjadi buzzer politik mendukung petahana.

Akun bernama @Opposite6890 itu mengungkap bagaimana peranan polisi menggunakan sebuah aplikasi bernama Shambar untuk mengkoneksikan seluruh buzzer di tingkatan Polri dan beralamat pada Internet Protokol (IP) milik Mabes Polri.

(Baca Juga: Mustofa Nahrawardaya Ditantang Buktikan Polri Bentuk Pasukan Buzzer Dukung Jokowi) 

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo membantah tuduhan yang disampaikan @Opposite689. Apa yang disampaikan akun tersebut dinilai tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak benar.

"Jadi saya tegaskan lagi bahwa apa yang disebarkan itu enggak benar apalagi menyangkut maslah salah satu pemilu bahwa Polri dalam ini tegaskan netrelitas harga mati," kata Dedi di Kantor Divisi Humas Polri, Jumat (8/3/2019).

Dedi juga membantah soal IP Address yang mengarah ke Mabes Polri itu. Ia beralasan hal itu bisa dilakukan orang lain mengingat IP atau wifi terletak di area publik.

(Baca Juga: IPW: Polri Harus Waspadai Manuver Kelompok Radikal di Pilpres 2019) 

"Itu kan enggak jelas kenapa kemudian kita jadikan rujukan. Kemudian IP address wifi diarea publik jadi bisa diakses publik," ungkapnya.

Dia menambahkan, polisi tengah bekerja untuk mengungkap siapa di balik akun tersebut. "Sudah lagkah-langkah progrefsif sudah dilakukan Direktorat Siber kita akan memprofil akan identifiaksi siapa yang memiki akun opposite sebagaima akun anonymous," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini