Bermodal Celana Jins, Pria Ini Selamat Setelah Mengapung 3 Jam di Laut

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 11 Maret 2019 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 11 18 2028494 bermodal-celana-jins-pria-ini-selamat-setelah-mengapung-3-jam-di-laut-AuztGYDXYY.jpg Anne Murke, pira Jerman menunjukkan celana jins yang telah menyelamatkannya saat berjuang di laut lepas. Foto/NZ Herald

WELLINGTON – Seorang pria Jerman berhasil selamat dengan bermodalkan celana jins yang dimodifikasinya menjadi pelampung saat ia hilang selama tiga jam di di laut lepas pantai Selandia Baru.

Arne Murke pria Jerman utara, berlayar bersama saudara lakinya menggunakan kapal pesiar sepanjang 12 meter dari Auckland, Selandia Baru menuju Brasil. Namun ia terjatuh.

Saudaranya mencoba pria 30 tahun itu, tetapi ombak setinggi tiga meter menyulitkannya menangkap jaket pelampung yang dilempar saudaranya.

"Untungnya, saya tahu trik menggunakan jins. Tanpa jins saya tidak akan berada di sini hari ini, celana jins benar-benar menyelamatkan saya," kata Murke mengutip NZ Herald, Senin (11/3/2019).

BacaTak Muat Naik Mobil, Menteri Ini Nekat Bersepeda ke Rumah Sakit untuk Melahirkan

BacaHilang Lebih dari Sepekan, Tujuh Penumpang Kapal Feri Kiribati Ditemukan

Murke memodifikasi celana jinsnya menjadi pelampung, teknik yang sering digunakan para tentara angkatan laut.

"Saya mengambil napas dalam-dalam, mengeluarkan celana jins, membuat simpul di ujung kaki dan menggelembungkan celana jins, menariknya di atas air dan menjebak udara di dalam dan kemudian mendorongnya ke bawah air. Seperti jaket pelampung," kata dia.

Setelah sekitar tiga setengah jam di laut air, Murke ditemukan oleh sebuah helikopter penyelamat.

Dinas Penyelamatan dan Pencarian Selandia Baru dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pencarian berhasil berkat radio kapal pesiar mengirimkan sinyal peringatan.

"Beruntung kapal pesiar memiliki radio VHF dan suar darurat untuk meningkatkan peringatan," kata pejabat Dinas Penyelamatan dan Pencarian Selandia Baru.

"Tanpa alat komunikasi dan suar yang tepat, ceritanya akan berbeda," lanjut dia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini