Ribuan Guru Pekanbaru Demo di Kantor Wali Kota Tuntut Tunjangan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 11 Maret 2019 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 11 340 2028459 ribuan-guru-pekanbaru-demo-di-kantor-wali-kota-tuntut-tunjangan-xHXbLAInNX.jpg Guru demo di depan Kantor Wali Kota di Pekanbaru (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU - Ribuan guru kembali berunjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru, Riau. Aksi turun ke jalan ini dilakukan karena tuntutan mereka tidak kunjung dipenuhi Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru.

Dalam aksinya, guru meminta keseriusan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus terkait tunjangan sertifikasi yang dihapus. Menurut mereka, tunjangan guru merupakan kewajiban yang harus dibayarkan pemerintah.

"Kita menuntut hak. Kembalikan hak hak kami pak wali kota," ujar Ardi, salah satu perserta aksi di Depan Kantor Wali Kota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman, Senin (11/3/2019).

(Baca Juga:  Guru dan Tenaga Pengajar Harus Diberikan Pelatihan Abad 21)

Demo guru di Pekanbaru

Guru berstatus PNS ini juga melakukan aksi blokade Jalan Jenderal Sudirman sehingga sempat membuat kemacetan lalu lintas. Para guru yang demo menuntut Pemkot merevisi Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru Nomor 7 Tahun 2019 tentang sertifikasi guru.

"Guru SMA yang ditanggung oleh Pemprov Riau tetap terima uang sertifikasi, mengapa kita tidak," ujarnya.

Mereka juga membentangkan spanduk berisi protes ke Pemkot Pekanbaru terkait Perwako Nomor 7 Tahun 2019. Mereka juga tahlilan membacakan surat yasin agar Firdaus sadar. "Jika tidak dipenuhi, kita akan melakukan mogok mengajar," ujar Dewi, guru lainnya.

(Baca Juga: 1.000 Guru Digembleng di 15 Negara

Aksi serupa juga dilakukan para guru ini pada 5 Maret 2019. Selain di kantor wali kota, mereka juga mengadukan nasib ke Kantor DPRD Pekanbaru.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini