nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melalui Sektor Pariwisata, Jokowi Sebut Tambahan PAD Bangka Belitung Capai 300%

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 11:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 337 2029799 melalui-sektor-pariwisata-jokowi-sebut-tambahan-pad-bangka-belitung-capai-300-jW8sh4Uck0.jpg Presiden Jokowi di Bangka Belitung (Foto: Fakhri/Okezone)

PANGKALPINANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pariwisata di Tanjung Kelayang, Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019). KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016.

Jokowi mengatakan, KEK Tanjung Kelayang yang berlokasi di Belitung itu telah semakin banyak mendatangkan para wisatawan baik dari manca negara maupun lokal.

Pemerintah, kata dia, berencana akan membangun KEK di kawasan lainnya guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Di sini ada KEK Tanjung Gunung, Tanjung Kelayang, dan akan dibuat lagi KEK yang lainnya baru akan disiapkan," kata Jokowi di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Jokowi dan Iriana

(Baca Juga: Jokowi Targetkan Bandara Depati Amir Tampung 5 Juta Penumpang)

Jokowi mengatakan bahwa KEK Tanjung Kelayang telah meningkatkan PAD mencapai 300%. Hal itu langsung disampaikan oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

"Sehingga kita harapkan betul-betul ekonomi bisa tumbuh tadi Pak Gubernur menyampaikan setelah ada Tanjung Kelayang itu PAD tambah, naik 300 persen. Ini dampak dari pariwisata itu kelihatan sekali," pungkasnya.

Diketahui, KEK pariwisata Tanjung Kelayang memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara Asean. KEK Tanjung Kelayang termasuk ke dalam 10 destinasi pariwisata Bali Baru. Tanjung Kelayang memiliki objek wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panorama yang eksotis dengan batuan granit raksasa merupakan ciri khas dari pantai di kawasan ini.

Kawasan KEK Tanjung Kelayang berdekatan dengan sejumlah pulau kecil disekitarnya yang juga memiliki pesona tersendiri. Adapun total luas wilayahnya 324,4 hektare.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini