nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Santri dari Pesantren Gontor Disebut Pilih Capres 02, Begini Faktanya!

Ade Putra, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 14 337 2030120 ribuan-santri-dari-pesantren-gontor-disebut-pilih-capres-02-begini-faktanya-JXH3Dtnjxe.jpg

AKUN facebook (FB) Herman Tatroman membagikan sebuah foto orang-orang yang sedang mengacungkan dua jarinya.

Dalam postingan yang kini sudah dibagikan lebih dari 2.639 kali per tangkapan layar ini dibuat, Kamis (14/3/2019), Herman juga melengkapi narasi: “PESANTREN GONTOR PILIH # 02 SAJA”

Intinya, si pengunggah sengaja memposting foto itu dengan tujuan membangun premis yang salah. Dan, seolah pose dalam foto yang diposting itu sebagai bentuk dukungan Pesantren Gontor ke pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Reverse Images Search, menunjukkan bahwa foto itu bukan merupakan foto pengasuh dan santri Pesantren Gontor yang mendukung pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02. Foto itu adalah foto murid-murid Tamilut Millat Kamil Madrasah di Bangladesh.

Foto itu diambil pada 23 Juli 2017. Foto itu adalah bagaimana murid-murid sekolah tersebut merayakan kelulusan ujian 'Alim’, setara kompetensi Higher Secondary Certificate (SMA) di Bangladesh.

Ustaz Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi selaku salah satu pimpinan di Pondok Pesantren Gontor mengatakan bahwa berita yang beredar tersebut fitnah dan tidak benar. “Wah itu fitnah, pondok pesantren Gontor tidak berpolitik, tetapi tidak buta kondisi politik,” ujarnya sebagaimana dilansir dari salah satu media daring.

Kesimpulannya, postingan Herman ini merupakan konten yang salah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini