nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KH Ma'ruf Amin: OTT Romi Tak Berkaitan dengan Pilpres, Jangan Dikait-kait!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 337 2030477 kh-ma-ruf-amin-ott-romi-tak-berkaitan-dengan-pilpres-jangan-dikait-kait-S9L1n5fHMQ.jpg KH Maruf Amin

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menegaskan peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) Ketua Umum PPP Romahurmuziy oleh KPK adalah masalah pribadi. Karena itu, dia meminta tidak dikait-kaitkan dengan Pilpres.

"Pertama, tentu kita harus tetap berpraduga tak bersalah, itu prinsip. Yang kedua, itu saya kira masalah pribadi tidak ada kaitannya dengan pilpres, jangan sampai ini dikait-kait," kata Ma'ruf Amin di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Mantan Rais Aam PBNU itu mengatakan, Joko Widodo sangat mendukung upaya penegakkan hukum yang dilakukan komisi antirasuah. Bahkan Kepala Negara sekaligus capres petahana itu juga tidak mengintervensi kasus tersebut.

"Ketiga, itu kalau penegakkan hukum kan sudah jelas, pemerintah Pak Jokowi kan mendukung upaya penegakan hukum dan tidak mau mengintervensi hukum," kata dia.

(Baca Juga: KPK Duga Transaksi Suap Romi di Kemenag Lebih dari Sekali)

Sementara itu, Ma'ruf optimis elektabilitasnya bersama Jokowi tak akan tergerus atas kasus ini. Sebab ia yakin masyarakat bisa membedakan antara kasus pribadi dengan kepentingan Pilpres.

"Masyarakat harus bisa membedakan antara personal kemudian kepentingan kepentingan, kita pilpres jadi jangan pilpres dikaitkan dengan urusan pribadi," tuturnya.

Seperti dikerahui, Romahurmuziy dan empat orang lainnya terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Dari beberapa orang yang diciduk, beberapa di antaranya berasal dari pejabat Kementerian Agama (Kemenag).

Kelimanya ditangkap setelah diduga melakukan transaksi suap terkait jual-beli jabatan di Kemenag baik di pusat maupun daerah.

Romi diketahui menjabat sebagai ketua umum partai pendukung Jokowi. Ia juga menjabat sebagai Anggota Dewan Penasihat TKN Jokowi-Ma'ruf Amin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini