nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kronologi Penangkapan Perempuan yang Diduga Terlibat Terorisme di Klaten

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 13:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 512 2030354 begini-kronologi-penangkapan-perempuan-yang-diduga-terlibat-terorisme-di-klaten-3hfQimGdDq.jpg Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi (foto: Bramantyo/Okezone)

KLATEN - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan terduga teroris, seorang perempuan dengan inisial berinisial YD (38), (sebelumnya di tulis YW), di wilayah Klaten. Pada Kamis (14/0/2019) sekira pukul 15.45 WIB.

Keterangan dari Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi, YD memang telah diamanan oleh tim Densus 88. Dan pihaknya juga diminta untuk membackup pengamanan.

(Baca Juga: Perempuan Asal Klaten Diamankan Densus 88, Diduga Ikut Jaringan Teroris) 

"Saya sampaikan kemarin, kami memberikan perbantuan pada Densus 88 dalam kegiatan mengamankan seseorang yang diduga terlibat terorisme," jelasnya kepada awak media, Jumat (15/3/2019).

 

Keterangan yang disampaikan ibunda yang bersangkutan, YD baru sekitar 10 hari berada di rumah Jogonalan Klaten. Alasan kepulangan YD adalah untuk menjemput keponakannya untuk berlibur ke Jakarta. Selama ini YD diketahui berkerja di salah satu pabrik yang ada di Jakarta.

"Namun informasi yang kami dapat dari tim Densus 88 ATT ada keterlibatan YD dengan kegiatan kelompok terorisme yang kemarin terjadi peledakan di Sibolga Sumatra Utara," paparnya kepada awak media.

Saat diamankan tidak ada perlawanan apapun dan sesuai SOP juga diterjunkan anggota Polwan untuk ikut dalam proses penangkapan tersebut.

"Karena yang bersangkutan perempuan maka dilakukan penggeledahan oleh anggota Polwan," ungkapnya.

Setelah penangkapan dan penggeledahan pihaknya segera melakukan olah TKP yan menerjunkan tim Identifikasi dari Polres Klaten.

"Ada beberapa barang bukti seperti handphone milik yang bersangkutan dan sim card yang diamankan. Saat penggeledahan tidak ditemukan barang bukti lain yanh ada kaitannya dengan masalah kegiatan teror.

(Baca Juga: Perempuan di Klaten yang Diamankan Densus 88 Langsung Dibawa ke Jakarta) 

Pasca kegiatan di TKP (penangkapan) lanjut Aries Andhi, terduga teroris dibawa ke Polres Klaten untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya dimintai keterangan dan malam harinya dibawa ke Jakarta.

"Jadi posisi kami dari Polres Klaten hanya hanya memberikan perbantuan petugas dan juga kegiatan di lapangan. Sedangkan proses selanjutnya merupakan kewenangan tim Densus 88 ATT," paparnya.

Namun informasi sementara YD diduga ada keterkaitan dengan kelompok teror yang meledakkan diri di Sibolga, Sumatera Utara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini