nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penemuan Situs Kuno di Malang, Waktu Penggalian Diperpanjang hingga Kamis Depan

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 519 2030278 penemuan-situs-kuno-di-malang-waktu-penggalian-diperpanjang-hingga-kamis-depan-961VYE36ct.jpg Penggalian situs kuno di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memutuskan menambah waktu ekskavasi atau penggalian usai ditemukan lagi struktur bata yang menyerupai situs kuno. Temuan pada hari ketiga ini tidak jauh dari lokasi ekskavasi di hari pertama, tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Ketua Tim Ekskavasi Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, sedianya penggalian dilakukan sampai Sabtu 16 Maret 2019 sejak Selasa lalu.

"Namun karena kami prediksi temuannya luas, jadi diputuskan untuk menambah waktu ekskavasi (penggalian) hingga Kamis minggu depan," terang Wicaksono, Jumat (15/3/2019) pagi.

(Baca juga: Bangunan Diduga Situs Kuno Kembali Ditemukan di Lokasi Proyek Tol Malang-Pandaan)

Selain menambah waktu ekskavasi, BPCB juga menambah personel untuk melakukan penggalian dan pencarian temuan-temuan benda kuno di sekitar yang diduga lokasi situs kuno.

"Ya kita datangkan enam personel tambahan sejak Kamis kemarin dari Trowulan. Ini untuk mempercepat ekskavasi," ucapnya.

Penggalian situs kuno di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

Dari hasil kajian tiga hari ekskavasi oleh Tim BPCB, temuan lokasi struktur bangunan cukup luas, bahkan hingga radius 50 meter arah barat dari titik awal penemuan situs.

"Kita kemarin menemukan bongkahan bata yang mirip dengan bata di situs ini. Jaraknya 50 meter dari sini, tapi belum kita gali. Fokus dulu yang di sini di hari keempat ini," tuturnya.

(Baca juga: Tiga Situs Kuno di Jatim Jadi 'Korban' Tol Trans Jawa)

Sebagaimana diberitakan, sebuah struktur bata yang diduga situs kuno ditemukan di proyek Jalan Tol Malang–Pandaan, tepatnya di Sektor 5 KM 37, di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pihak PT Jasa Marga Pandaan Malang selaku kontraktor pengerjaan proyek tol menghentikan sementara waktu pengerjaan proyek tol di sekitar lokasi situs sampai kajian dari BPCB usai.

Penggalian situs kuno di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini