BSSN Sebut Situs KPU Masih Aman dari Hacker saat Pilpres 2019

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 14:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 605 2030388 bssn-sebut-situs-kpu-masih-aman-dari-hacker-saat-pilpres-2019-Iawjvxqhdd.jpg Hacker (Reuters)

JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memastikan bila situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih aman meskipun terdapat banyak pihak yang ingin meretas.

Direktur Deteksi Ancaman Deputi I BSSN, Sulistyo mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan komunikasi dengan KPU untuk mengetahui apakah ada serangan atau tidak. Mengingat KPU adalah sebagai penyelenggara pemilu

 Baca juga: KPU Akui Situsnya Diserang Hacker dari Dalam dan Luar Negeri

“Jadi kami sampaikan bahwa kondisi (website) KPU, selalu berkoordinasi dengan kami, adalah kondisinya siap untuk melakukan proses dari kegiatan Pemilu sampai 17 April nanti,” ungkap Sulistyo di Kantor BSSN, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

 Ilustrasi Hacker

BSSN, kata Sulistyo, selalu melakukan mitigasi untuk website KPU terhindar dari serangan hacker. Seperti memberikan masukan-masukan hingga cara antisipasi serangan hacker.

 Baca juga: Situs KPU Terus 'Diserang', Bahkan Pernah Diretas Seorang Pelajar

“Kami terus melakukan mitigasi. Dan kami tidak akan henti untuk terus memberikan masukan-masukan dan laporan dan cara antisipasi, dan direspons dengan cepat oleh teman-teman KPU,” ujar dia.

Sementara, Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak mengatakan bila berdasarkan data dari laporan sepanjang 2018, terjadi 205 kali serangan siber di Indonesia.

 Baca juga: Selain Baca Buku dan Kitab Klasik, Ini Jurus Ma'ruf Amin Hadapi Debat

Maka dari itu, BSSN sudah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan pengamanan kepada KPU seperti menyiapkan tim pengaman khusus.

“Kita tahu KPU adalah lembaga penyelenggara pemilu yang independen. kami sudah melakukan langkah-langkah dan sudah membentuk tim task force untuk pengamanan,” beber Syahrul.

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini