nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serangan Teror di Masjid Christchurch, PM: Hari Terkelam di Selandia Baru

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 15:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 17 18 2031182 serangan-teror-di-masjid-christchurch-pm-hari-terkelam-di-selandia-baru-5WKux2e0U1.jpg PM Selandia Baru (Foto: Reuters)

SELANDIA BARU - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan serangan teror yang menyebabkan 50 orang meninggal dunia di Christchurch, Jumat 15 Maret 2019 sebagai 'hari terkelam di Selandia Baru'.

Jacinda Ardern menyebut, kejadian itu sebagai salah satu "hari terkelam" negara tersebut. "Inilah yang kami ketahui sejauh ini tentang serangan itu," kata Jacinda.

 Baca juga: Korban Tewas Penembakan di Masjid Selandia Baru Bertambah Jadi 50 Orang

Sebelum melakukan aksi penembakan, pelaku menunggah manifesto di akun media sosialnya yang bernada rasis dan mengandung ideologi ekstrem kanan serta supremasi kulit putih.

Dia juga menyiarkan langsung aksinya di media sosial. Setidaknya 50 orang meninggal dunia, puluhan lainnya luka-luka dan dua orang kini berada dalam kondisi kritis.

 Baca juga: Kronologi dan Pemetaan Aksi Penembakan Jamaah di 2 Masjid Selandia Baru

Polisi telah menahan pelaku atas nama Brenton Tarrant, 28, warga Australia. Dia sudah hadir di persidangan pada Sabtu (16/3) tanpa pembelaan dan kini dikembalikan ke tahanan. Dia akan kembali hadir di persidangan pada tanggal 5 April mendatang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini