nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Lombok, Getaran Terasa hingga Sumbawa

Antara, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 14:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 17 340 2031157 gempa-magnitudo-5-8-guncang-lombok-getaran-terasa-hingga-sumbawa-FyrtsaeZWM.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

MATARAM - Gempa tektonik bermagnitudo 5,8 mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (17/3/2019) sekitar pukul 14.07 WIB atau 15.07 Wita. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa pusat gempa berada pada titik koordinat 8,30 lintang selatan dan 116,60 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut pada jarak 24 km timur laut Kabupaten Lombok Timur, 36 km timur laut Kabupaten Lombok Utara, 37 km barat laut Pulau Panjang, Kabupaten Sumbawa, dan 63 km timur laut Kota Mataram.

Gempa tersebut dirasakan oleh warga di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Warga Kota Mataram berhamburan keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

ilustrasi seismograf

"Kami sekeluarga sedang tidur siang. Tiba-tiba rumah terasa bergoyang keras. Saya dan suami langsung keluar rumah sambil membawa anak-anak," kata Zuhriatul, salah seorang warga Kelurahan Kebun Sari, Kota Mataram, sebagaimana dilansir dari laman Antaranews.

Ia juga mendapat informasi dari ibunya di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, yang juga merasakan guncangan gempa bumi yang cukup kuat.

"Ibu saya menelefon mengabarkan kondisinya aman-aman saja besama bapak dan adik-adik saya. Dan berpesan agar waspada gempa susulan pada Minggu malam," ucap ibu dua anak tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini