Share

Jusuf Kalla: Jokowi Bukan Tipe Otoriter dan Diktator

CDB Yudistira, Okezone · Minggu 17 Maret 2019 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 17 605 2031119 jusuf-kalla-jokowi-bukan-tipe-otoriter-dan-diktator-1u3C7my4HN.jpg Jusuf Kalla di Acara Silaturahmi Kebangsaan di Hotel Harison, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat (foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Jusuf Kalla (JK) percaya Joko Widodo (Jokowi) kembali berhasil memimpin Indonesia lima tahun ke depan. JK begitu yakin, Jokowi bukanlah sosok yang otoriter.

"Saya percaya pak Jokowi tidak punya niat untuk otoriter. Kenapa, karena apapun itu dirapatkan. Kadang bosen rapat tersebut. Apapun keputusannya selalu diambil bersama-sama," kata JK dalam sambutannya pada acara Silatuhrahmi Kebangsaan, di Hotel Horison, Jalan Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (17/3/2019).

(Baca Juga: Ratusan Tukang Becak Serang Deklarasi Dukung Jokowi - Maruf Amin) 

"Kalau seorang otoriter atau diktator pasti ambil keputusan pasti pukul meja dan pasti itu keputusan," seraya JK menambahkan.

Debat Capres, Visi & Misi HAM Jokowi Dinilai Lebih Maju 

JK mengatakan, banyak negara jatuh karena pemimpinnya otoriter dan nepotisme. Dirinya mencontohkan saat zaman Suharto presiden ke dua RI dan negara Venezuela, yang memiliki kepemimpinan diktator serta otoriter. Kedunya pun jatuh.

Sosok Jokowi menurut JK selama hampir lima tahun menjadi orang terdekatnya, tidak menunjukan sikap sebagai pemimpin yang otoriter dan diktator.

(Baca Juga: Jokowi Pimpin Negara dengan Bobot Governance yang Sangat Kuat dan Bagus) 

"Kedua putra beliau satu berjualan martabak satu berjualan pisang goreng, pasti tidak terlibat dari proyek-proyek pemerintah," ucapnya.

Menurutnya, jika suatu negara dipimpin seorang otoriter dan diktator, akan terjadi kesulitan pada negara. "Jadi itu saja yang ingin saya sampaikan mengenai apa pemilu yang akan datang. Yang lain tidak mau saya komentari, karena saya tidak tahu itu saja," kata dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini