TKN Jokowi Bakal Laporkan Meme Hoaks Tirto ke Dewan Pers dan Polisi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 19:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 18 605 2031748 tkn-jokowi-bakal-laporkan-meme-hoaks-tirto-ke-dewan-pers-dan-polisi-u9XIF7pQFr.jpg Ilustrasi Hoax (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yakni Ade Irfan Pulungan akan menindaktegas meme yang mengandung unsur hoaks serta fitnah yang dilakukan oleh salah satu portal berita online, Tirto.

Maka dari itu, TKN akan membawa pemberitaan tidak benar itu ke jalur yang lebih serius, yaitu memberikan aduan ke Dewan Pers, dan membuat laporan ke Bareskrim. Rencananya, hal tersebut akan dilakukan besok, Selasa 19 Maret 2019.

“Waktunya paling tidak besok kami akan laporkan, pertama ke dewan pers nanti selanjutnya akan kami laporkan ke Bareskrim Polri,” ujar Ade Irfan saat ditemui di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Baca Juga: Indopos Sambangi Perindo Beri Hak Jawab Atas Berita yang Merugikan Hary Tanoe

Hoaks

Meskipun pihak portal media online tersebut telah meminta maaf dan menurunkan beritanya, namun menurut Ade Irfan meme itu telah merugikan pihak pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

“Dia posting itu di jam 22.38, diposting lalu dihapus jam 23.53, jadi ada waktu 1 jam lebih ini viral. Dalam waktu 1 jam lebih itu itu bisa mempengaruhi mindset orang, saya malam itu dapat 4-3 kali, bayangkan saja dalam 1 jam dengan waktu 1 jam lebih menyebar ke semua pengguna handphone dan di ini viralnya di Twitter,” terangnya.

Baca Juga: Mendikbud Tanggapi Wacana Sandiaga Uno soal Penghapusan UN

Seperti diketahui sebelumnya, pernyataan Ma’ruf Amin telah dipotong oleh pihak Tirto.id, padahal kalimat utuh yang dilontarkan pada saat debat ketiga adalah sebagai berikut:

“Kami juga mengajak kita semua untuk melawan dan memerangi hoaks. Karena hoaks merusak tatanan bangsa indonesia. Melawan dan memerangi fitnah, seperti kalau Jokowi terpilih kementerian agama dibubarkan, kementerian agama dilarang, azan dilarang, zina dilegalisir. Saya bersumpah demi Allah, selama hidup saya akan saya lawan upaya-upaya untuk melakukan itu semua”. katanya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini