nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Truk Angkut Uranium Diserang Kelompok Bersenjata di Brasil

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 12:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 20 18 2032544 truk-angkut-uranium-diserang-kelompok-bersenjata-di-brasil-fiM7kxmO0v.JPG Kompleks Angra Dos Reis. Foto/Reuters

RIO DE JANEIRO – Konvoi truk yang mengangkut uranium diserang kelompok bersentaja jalan pinggiran pantai di Rio de Janeiro, Brasil.

Reuters melaporkan, Rabu (20/3/201) bahwa truk yang membawa bahan bakar nuklir beserta pengawalnya diserang saat melintasi kota Frade, sekitar 30 km dari lokasi reaktor di Angra dos Reis.

Polisi yang mengawal konvoi membalas tembakan penyerang. Tidak ada korban atau ditangkap dalam peristiwa itu. Kelompok bersenjata itu pun akhirnya melarikan diri.

Eletronuclear merupakan anak perusahaan Centrais Eletricas do Norte do Brasil S.A yang mengelola pembangkit nuklir Angra. Dalam pernyataannya mereka mengatakan, bahwa uranium yang dibawa tersebut tidak berbahaya dan pengirimannya tidak ditunda terkait adanya serangan.

BacaKebakaran di Asrama Klub Bola Flamengo, 10 Pemain Meninggal Dunia 

BacaTerlibat Korupsi, Mantan Presiden Brasil Dijatuhi Vonis untuk Kedua Kalinya

Pihaknya menjelaskan insiden terjadi saat polisi yang mengawal konvoi menyebar di sepanjang jalan untuk berjaga-jaga setelah terdengar suara tembakan di dekatnya. Kemudian kelompok bersenjata itu mulai menembaki sejumlah "batalyon kejut" bersenjata lengkap yang mengawal pengiriman tersebut, demikian informasi Eletronuclear.

Bahan bakar nuklir yang diperlukan di dua reaktor di Brazil yakni Angra 1 dan Angra 2, dihasilkan di instalasi pemerintah di Resende, kota di pedalaman negara bagian Rio de Janeiro yang letaknya 130 km dari Angra dos Reis.

Brazil hanya memproses uranium untuk digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, di bawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini