nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlibat Korupsi, Mantan Presiden Brasil Dijatuhi Vonis untuk Kedua Kalinya

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 13:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 18 2014796 terlibat-korupsi-mantan-presiden-brasil-dijatuhi-vonis-untuk-kedua-kalinya-0yXQNXP0uT.jpg Mantan presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva. (Foto: AP)

MANTAN presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, dijatuhi hukuman 12 tahun penjara untuk kedua kalinya setelah dinyatakan bersalah atas kasus korupsi dan pencucian uang. Hakim Gabriela Hardt pada Rabu 6 Februari 2019 mengatakan setuju dengan jaksa penuntut bahwa ada sebuah rumah di luar kota yang direnovasi untuk Da Silva.

(Baca juga: Meski Dipenjara, Mantan Presiden Brasil Tetap Jadi Favorit dalam Pilpres)

Renovasi dilakukan oleh beberapa perusahaan teknik yang terlibat skandal korupsi raksasa perusahaan minyak negara Petrobras.

Mantan presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva. (Foto: Reuters)

Pada April 2018, Da Silva mulai menjalani hukuman 12 tahun 11 bulan penjara karena divonis atas tuduhan yang sama menyangkut renovasi sebuah apartemen tepi pantai yang dikatakan juga dilakukan oleh perusahaan sama.

(Baca juga: Mantan Presiden Brasil Mundur dari Pemilu)

Jaksa berargumen kedua kasus tersebut melibatkan perusahaan teknik itu dan memberikan manfaat kepada Da Silva. Sebaliknya, perusahaan juga memperoleh dukungan politis dari Da Silva.

Da Silva membantah tuduhan dalam kedua kasus dan diperkirakan akan naik banding atas hukuman yang kedua ini.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini