nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Merapi Alami 16 Kali Gempa Guguran, Warga Diimbau Tak Mendaki

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 512 2032521 gunung-merapi-alami-16-kali-gempa-guguran-warga-diimbau-tak-mendaki-NtEgXhT23a.JPG Gunung Merapi. (Twitter/ Dok @BPPTKG)

JAKARTA – Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY-Jawa Tengah mengalami 16 kali gempa guguran, pada Selasa, 19 Maret 2019.

Berdasarkan data dari situs Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Gunung Merapi yang masuk level II atau waspada mengalami erupsi secara tidak menerus.

Sejak kemarin hingga pagi ini, visual Gunung Merapi dapat terlihat jelas dan tertutup kabut. BPPTKG mengamati, asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis tinggi sekira 20 meter dari puncak gunung.

"Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut dan barat," tulis BPPTKG dalam situs, seperti dilihat Okezone, pada Rabu (20/3/2019).

Gunung Merapi. (Dok Okezone/Taufik Budi)

Dalam rekaman seismograf, tercatat gunung yang memiliki ketinggian 2.969 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu mengalami 16 kali gempa guguran. Selain itu, Gunung Merapi mengalami 4 kali gempa hybrid, 2 kali gempa dengan frekuensi rendah, 2 kali gempa embusan, 2 kali gempa tektonik jauh, serta 1 kali gempa awan panas guguran.

Atas hal itu, BPPTKG merekomendasikan agar tidak mendaki Gunung Merapi, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian terkait mitigasi bencana.

(Baca Juga : Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas, Jarak Luncur 1 Kilometer)

"Radius 3 km dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk," tulisnya.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tidak terpancing isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya. dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi, media sosial BPPTKG atau ke kantor BPPTKG.

(Baca Juga : Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini