nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Bromo Semburkan Asap Vulkanis hingga Ketinggian 1 Km

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 20 519 2032566 gunung-bromo-semburkan-asap-vulkanis-hingga-ketinggian-1-km-cLtBXLJVau.jpg Gunung Bromo. (Dok Okezone)

MALANG – Meski mengeluarkan asap vulkanis berwarna putih hingga kecoklatan, Gunung Bromo masih terlihat jelas dalam pantauan dari Posko Pengamatan Gunung Api (PPGA) di Cemorolawang, sepanjang Rabu (20/3/2019).

Petugas PVMBG Pos Pemantauan Gunung Api Bromo di Cemorolawang, Hadi Purwoko, mengatakan aktivitas Gunung Bromo masih mengeluarkan asap vulkanis. Namun secara visualisasi pengamatan dari pos, Gunung Bromo tetap terlihat cerah dan tampak jelas dengan suhu udara antara 10-16 °C, kelembapan udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

"Kalau visualisasi Gunung Bromo terlihat jelas. Hanya mengeluarkan asap vulkanis bertekanan lemah, sedang, hingga kuat teramati berwarna putih, kelabu, dan coklat dengan intensitas tipis, sedang. Tebal dan ketinggiannya 50-1.000 meter di atas puncak kawah," katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (20/3/2019) siang.

Gunung Bromo (Dok Okezone)

Hadi menambahkan, dari sekitar kawasan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Bromo tercium aroma belerang dengan intensitas ringan hingga sedang.

(Baca Juga : Gunung Bromo Semburkan Asap Disertai Abu Vulkanis Setinggi 600 Meter)

"Statusnya masih waspada level II hingga kini. Untuk sementara masih aman jika tak mendekati kawah," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta wisatawan tak mendekati kawasan kawah Gunung Bromo dengan radius 1 km. "Pengunjung sudah kita minta menjauhi kawah gunung dengan radius 1 km," katanya.

(Baca Juga : Gunung Bromo Tetap Aman dan Menawan untuk Dikunjungi Meski Terus Erupsi)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini