nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan Libur Melaut

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 21 510 2032992 antisipasi-gelombang-tinggi-ratusan-nelayan-libur-melaut-ouaXzmubA7.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

GUNUNGKIDUL - Ratusan nelayan Pantai Selatan, Kabupaten Gunungkidul dalam dua hari kemarin menghentikan aktivitas, mengantisipasi terjadinya gelombang tinggi yang diprediksi akan terjadi hingga Kamis (21/03/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mencatat sejak dua hari terakhir ketinggian gelombang yang semula dalam kisaran 10 feet, naik dalam kisaran 2,5 meter.

“Antisipasi terus kita lakukan agar dampak cuaca buruk di perairan laut tidak menimbulkan korban,” kata Koordinator Tim SAR Korwil I Sunu Handoko Bayu Segoro SIP.

Terkait dengan kondisi gelombang di perairan laut selatan Tim SAR terus meningkatkan pengawasan menyikapi terjadinya perubahan cuaca tersebut dengan meningkatkan pengamanan dan pemantauan lapangan. Jika ketinggian gelombang laut terjadi seluruh kapal ikan yang ditaruh di bibir pantai diminta untuk dipindahkan agar terhindar dari gelombang besar.

 sds

Kondisi ini akan terus dipantau jika terjadi kenaikan signifikan mereka diminta untuk waspada. Selain memantau perubahan gelombang laut, Tim SAR juga memberikan imbauan kepada wisatawan agar berhati-hati.

Selain, tidak bermain air di kawasan pantai atau pada titik rawan kecelakaan laut juga diminta mengindahkan larangan untuk tidak mandi maupun berenang di laut. Sepanjang pantai selatan meliputi Saptosari, Tanjungsari, Rongkop, Girisubo, Panggang dan Purwosari akan terus dipantau.

“Ada indikasi terjadi peningkatan gelombang dan kewaspadaan terus dilakukan,” imbuhnya.

Selain mengantisipasi gelombang tinggi, banyaknya nelayan yang tidak beraktivitas karena disebabkan banyak kapal yang rusak.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini