nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Kasus Suap Taufik Kurniawan Hadirkan 20 Saksi, Ada 2 Mantan Bupati

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 02:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 21 512 2032861 sidang-kasus-suap-taufik-kurniawan-hadirkan-20-saksi-ada-2-mantan-bupati-XHQUbPvxtz.jpg

SEMARANG - Sidang kasus suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga yang menjerat Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan bakal menghadirkan sekira 20 saksi. Dari puluhan orang itu, mantan Bupati Kebumen Yahya Fuad dan mantan Bupati Purbalingga Tasdi diagendakan hadir sebagai saksi.

"(Mantan Bupati Yahya Fuad dan Tasdi) akan menjadi saksi. Keduanya kan sekarang di Lapas Kedungpane," kata Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Eva Yustisiana, usai sidang dakwaan Taufik Kurniawan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (20/3/2019).

Dalam sidang terungkap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu didakwa menerima suap dari Yahya Fuad dan Tasdi. Taufik Kurniawan menyanggupi permintaan dua bupati itu untuk mengupayakan penambahan DAK, dengan syarat mendapat jatah 5 persen.

"Total semuanya Rp4,80 miliar. Dari Bupati Kebumen Rp3,650 miliar, sedangkan dari Purbalingga Rp1,2 miliar," singkatnya.

(Baca Juga: Jaksa Tolak Pindahkan Taufik Kurniawan karena Khawatir Ada Upaya Perubahan BAP)

Sidang akan dilanjutkan pada 27 Maret 2019. Rencananya sidang itu akan dihadiri lima sampai tujuh orang saksi. Meski demikian, Eva tidak menjelaskan identitas saksi-saksi yang bakal dihadirkan pada sidang pekan depan.

Sekadar diketahui, Yahya Fuad saat ini telah menjadi penghuni Lapas Kedungpane. Eks Bupati Kebumen itu divonis empat tahun penjara setelah dinyatakan bersalah pada perkara suap terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat. Sementara Tasdi, dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara karena menerima suap dan gratifikasi dari berbagai pihak.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini