nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmikan Pasar Badung 6 Lantai, Jokowi: Ini Punya Arsitektur Paling Bagus

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 22 Maret 2019 22:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 22 244 2033801 resmikan-pasar-badung-6-lantai-jokowi-ini-punya-arsitektur-paling-bagus-M9KI4d1HfA.jpg Presiden Jokowi

BALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Badung, Denpasar, Bali, Jumat (22/3/2019). Pasar itu sebenarnya direnovasi karena kebakaran pada tiga tahun silam.

Kepala Negara menilai, Pasar Badung setinggi enam lantai itu memiliki arsitektur yang berbeda dari pasar lain yang pernah dikunjunginya.

"Pasar ini punya araitektur yang bagus, pasar heritage, pasar pusaka. Kalau dilihat dari depan arsitekturnya paling bagus dari pasar-pasar yang saya lihat," ucap Jokowi saat meresmikan Pasar Badung di Denpasar, Bali.

Jokowi meminta agar para pedagang dan pengelola bersama-sama menjaga kebersihan dari pasar rakyat tersebut. Ia pun menginginkan agar pasar tersebut dapat bersaing dengan supermarket.

"Pedagangnya juga harus bersih. Bersih pakaiannya selalu tersenyum. Paling penting jangan sampai pasar tidak becek, bau kotor. Dengan memohon izin. Pada sore hari ini, saya resmikan pasar Badung, Kota Denpasar," urainya.

(Baca Juga: Jokowi Blusukan ke Toko Bangunan Pastikan Ketersedian Stok Barang)

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan Jokowi. Kepala Negara didampingi Ibu Negara Iriana serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk meninjau Pasar Badung.

Kehadirian Jokowi dan rombongan pun disambut meriah oleh para pedagang dan pembeli pasar. Mantan Walikota Solo itu meladeni permintaan warga yang ingin bersalaman dan berswafoto bersamanya.

Pasar Badung mengalami kebakaran hebat pada 29 Februari 2016. Pembangunan kembali pasar ini dilaksanakan dengan dua tahap, yakni tahap I dilaksanakan menggunakan dana Tugas Pembantuan (TP) dari Kementrian Perdagangan dengan anggaran mencapai Rp75 miliar.

Pembangunan tahap II menggunakan Dana APBD Kota Denpasar sebesar Rp61,80 miliar. Pasar ini memiliki kapasitas 6 lantai, terdiri dari 2 basement dan 4 lantai untuk kios.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini