Menabok Anak-Anak Akan Dilarang di Wales

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 27 Maret 2019 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 27 18 2035773 menabok-anak-anak-akan-dilarang-di-wales-X1vKUViPL0.jpg Ilustrasi Foto/Shutter Stock

WALES – Pemerintah Wales akan menerbitkan aturan larangan menabok anak-anak jika Rancangan Undang-Undang terkait kebijakan itu diloloskan oleh majelis.

Seandainya RUU itu lolos, orang tua atau wali anak tidak bisa memukul seorang anak.

"Anak-anak kita harus merasa aman dan diperlakukan dengan bermartabat," kata Wakil Menteri Kesehatan dan Layanan Sosial Julie Morgan, mengutip BBC, Rabu (27/2019).

Pemerintah Wales mengatakan, penerbitan RUU tersebut dibangun berdasarkan komitmennya terhadap hak-hak anak di bawah Konvensi PBB tentang Hak-hak Anak.

Pemerintah yakin aturan itu bisa merubah kebiasaan hukuman fisik terhadap anak.

Direktur eksekutif Unicef UK Mike Penrose mengatakan, anak-anak memiliki hak untuk dilindungi dari segala bentuk bahaya.

"Kami senang bahwa mereka (Pemerintah Wales) mendengarkan suara anak-anak dan remaja mengenai masalah penting ini, yang akan membantu menciptakan masyarakat yang lebih aman dan adil bagi semua anak dan remaja," tuturnya.

Prof Russell Viner, presiden Royal College of Paediatrics and Child Health, mengatakan sudah waktunya untuk mengubah undang-undang.

"Ketika orang tua mengulurkan tangan kepada anak yang tak berdaya, apakah itu menampar, menabok atau perilaku fisik lainnya yang berbahaya, mereka 9orang tua) telah kehilangan kendali," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini