nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Gagalkan Peyelundupan 7.040 Kuda Laut Kering di Bandara Adisutjipto

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 510 2035806 petugas-gagalkan-peyelundupan-7-040-kuda-laut-kering-di-bandara-adisutjipto-Y6QKQqbUjM.jpg Foto Istimewa

YOGYAKARTA - Sebanyak 7.040 ekor kuda laut kering diamankan petugas Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (27/3/2019). Kuda laut ini merupakan barang bawaan penumpang Air Asia, berinisial LB (38) asal Yogyakarta.

Manager Bandara Adisutjipto, Yogyakarta PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengatakan, terungkapnya upaya penyelundupan ini, setelah petugas curiga dengan barang bawaan penumpang atas nama LB asal Yogyakarta, di Terminal B keberangkatan. Barang ini dibawa oleh LB, penumpang Air Asia AK347 dengan rute Yogyakarta-Kuala Lumpur-Bangkok Don Meang.

Dari kecurigaan ini, petugas airport Security melakukan pemantauan menggunakan kamera CCTV. Dua kardus yang dibungkus warna coklat inipun diperiksa lebih intensif oleh operator X-Ray.

“Di dalam kardus itu berisi 7.040 ekor kuda laut kering yang dibawa tanpa dilengkapi dengan dokumen,” jelas Agus Pandu di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (27/3/2019).

 sd

Sesuai dengan ketentuan yang ada, setiap penumpang yang membawa barang-barang seperti itu, harus mendapatkan rekomendasi atau surat resmi yang dikeluarkan Kantor Karantina Ikan. Perbuatan LB ini, melanggar UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

“Kuda laut ini dikemas dalam 2 kardus besar berwarna cokelat dengan masing-masing berat kardus yaitu 14 kg dan 12 kg,” terang Pandu.

PT Angkasa pura akan terus melakukan moitoring dari setiap pergerakan penumpang dan barang. Mereka akan terus melakukan penagwasan secara intensif, untuk menanggulangi, mencegah perbuatan yang melanggar aturan yang dapat merugikan Negara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini