Tahun Politik, Menkominfo Akui Hoax Melesat Tinggi di Medsos

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 28 Maret 2019 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 28 605 2036115 tahun-politik-menkominfo-akui-hoax-melesat-tinggi-di-medsos-tulxMMDsbY.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, memasuki era digital produksi berita bohong atau hoax terus berkembang pesat di Indonesia.

"Pantauan kami, hoax itu meningkat cepat. Desember naik 75 persen masuk bulan Januari 350 lebih, baru yang terverifikasi dan tervalidasi. Polri juga ikut serta dalam memvalidasi hoax," kata Rudiantara di diskusi bertajuk 'Melawan Hoax untuk Menciptakan Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk di Media Sosial', Kamis (28/3/2019).

Dikatakannya, katagori hoax paling banyak yakni hoax berkaitan tentang Politik disusul soal agama, dan seterusnya.

"Paling banyak politik, baru ke agama dan lainnya. Ini mungkin karena tahun politik. Ini pesta, tapi tidak menunjukkan pesta, melainkan berantem," ujarnya.

 sd

Oleh karenanya, pemerintah terus berputar otak untuk meredam berita-berita hoax, sebab hoax tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat kota melainkan ke masyarakat desa.

"Kami melakukan profailing, menangkap informasi publik, Kami juga bekerjasama dengan Polisi untuk melakukan tindakan di dunia nyata, karena di dunia maya semua jejaknya ada," ujarnya.

Terakhir, Rudi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berperan melawan berita hoaks yang dapat memecahkan persatuan.

"Ayo kita perangi hoax, sayangilah pulsa kita jangan sampai tersedot untuk hal negatif. Bahkan sekarang banyak menghasut antar golongan, dan agama," tutupnya.

 sd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini