nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan Garuda Indonesia soal Pesawatnya Mendarat Darurat di Sri Lanka

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 15:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 03 337 2038642 penjelasan-garuda-indonesia-soal-pesawatnya-mendarat-darurat-di-sri-lanka-CuNkrsJe99.jpg Ilustrasi (Heru/Okezone)

JAKARTA - Pesawat Garuda Indonesia rute Banda Aceh-Jeddah mendarat darurat Bandara Internasional Bandaranaike Kolombo, Sri Lanka, pada Selasa 2 April. PT Garuda Indonesia (Persero) menjelaskan permasalahan menimpa penerbangannya itu dan meminta maaf kepada seluruh penumpang.

Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M.Ikhsan Rosan mengatakan, penerbangan nomor GA 972 tersebut berangkat on time sesuai jadwal pada pukul 20.20 waktu setempat.

“Dalam perjalanan, awak pesawat mendeteksi adanya tekanan cabin yang berkurang (cabin pressure),” kata Ikhsan dalam keterangan tertulis dikirim ke media, Rabu (3/4/2019).

Dengan mempertimbangkan aspek keselamatan (safety) dan kenyamanan penumpang, pilot in command kemudian memutuskan untuk mengalihkan pendaratan di Bandara Internasional Srilanka di Kolombo pada pukul 09.00 waktu setempat.

Seluruh penumpang pesawat tipe Airbus A330 tersebut mendarat dalam kondisi baik. “Saat ini seluruh penumpang diinapkan di hotel terdekat sambil menunggu pesawat pengganti yang telah diberangkatkan dari Denpasar pada pukul 12.30 local time dari Denpasar,” ujar Ikhsan.

Menurutnya kebijakan penggantian pesawat tersebut dilakukan untuk memastikan aspek safety dan security dalam penerbangan tetap terjaga.

“Garuda Indonesia bersama dengan jajaran terkait juga telah mengirimkan teknisi untuk memastikan pesawat tersebut layak kembali beroperasi. Pada kesempatan ini, Garuda Indonesia turut menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh penumpang.”

Situs colombopage melaporkan, otoritas bandara setempat langsung mengerahkan mobil pemadam pemadam kebakaran dan ambulans menjelang pesawat Garuda GA 972 mendarat darurat.

“Penerbangan mendarat dengan selamat pada pukul 9.00 malam dengan 338 penumpang termasuk awak,” kata otoritas bandara setempat.

Semua penumpang dan awak kabin pesawat mendarat tanpa terluka dan mereka telah dikirim ke hotel terdekat, lapor media itu.

Insinyur penerbangan sedang menyelidiki penyebab insiden tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini