nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teroris Penembak Masjid di Selandia Baru Didakwa 50 Pembunuhan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 18 2038964 teroris-penembak-masjid-di-selandia-baru-didakwa-50-pembunuhan-Lp65btHwOv.jpg Karangan bunga untuk menghormati korban serangan teroris dua masjid di Selandia Baru. Foto/Reuters

WELLINGTON – Teroris yang menyerbu dua masjid di Selandia Baru menghadapi 50 tuduhan pembunuhan dan 39 percobaan tuduhan pembunuhan oleh pengadilan.

Brenton Tarrant (28) warga Australia, seorang tersangka supremasi kulit putih, didakwa atas serangan terhadap dua masjid di Christchurch pada 15 Maret.

Lima puluh orang terbunuh dan puluhan terluka ketika mereka menghadiri salat Jumat saat seorang pria bersenjata yang dipersenjatai dengan senjata semi-otomatis. Pria bersenjata itu menyiarkan serangannya langsung di Facebook.

Foto/Reuters

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan penyerbuan itu sebagai "serangan teroris" dan beberapa ahli hukum berpikir pelaku bisa dijerat dengan undang-undang terorisme Selandia Baru.

BacaKlub Menembak Tolak Rencana Revisi UU Senjata di Selandia Baru

BacaTeroris Pelaku Penembakan Jamaah Masjid di Selandia Baru Terancam Dipenjara Seumur Hidup

Seorang hakim Pengadilan Tinggi mengatakan dalam risalah pengadilan minggu ini bahwa sidang akan bersifat prosedural dan bahwa Tarrant tidak akan diminta untuk mengajukan pembelaan terhadap tuduhan yang dihadapinya.

"Tujuan utama dari panggilan pada tanggal 5 April adalah untuk memastikan posisi terdakwa mengenai perwakilan hukum dan untuk menerima informasi mengenai langkah-langkah prosedural tertentu dan ketika diperkirakan langkah-langkah tersebut akan selesai," kata Hakim Cameron Mander.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini