Jokowi Disebut Kalah Jika Golput 40%, Parpol Pengusung dan Pendukung Diminta Solid

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 04 April 2019 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 605 2039147 jokowi-disebut-kalah-jika-golput-40-parpol-pengusung-dan-pendukung-diminta-solid-rWtxRgR23T.jpg

JAKARTA - Ketua Umum Partai Keadilandan Persatuan Indonesia (PKPI), Diaz Hendropriyono, menegaskan komitmen partainya mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden JokoWidodo (Jokowi) dan K.H. Ma’ruf Amin dalam konferensi pers yang digelar di Libris, Jakarta Selatan (4/4/2019).

“Sebagai partai, PKPI telah berkomitmen mendukung Jokowi di awal dan tetap akan terus menjaga komitmen tersebut,” tegas Diaz.

“Dan ini bukan hanya komitmen. Di saat partai lain nge-gas mengejar suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg), PKPI justru nge-gas pol menambah suara pasangan 01,” lanjutnya.

Selain itu, Diaz juga mempertanyakan hasil survei yang menyatakan 100% pemilih PKPI merupakan pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Saya sendiri kan sudah mendukung Jokowi sejak tahun 2012, nggak mungkin partai saya berbeda. (Partai) ini saya yakin solid,” papar Diaz.

(Baca Juga: Jumlah Golput untuk Milenial di Pilpres 2019 Diprediksi Capai 40%)

Merujuk pada survei, massa PKPI sebelum kepemimpinan Diaz memang mendukung Prabowo-Sandi. Setengah tahun setelah pelantikan Diaz, sekitar 30% telah beralih menjadi pendukung Jokowi-Amin. Pendukung Jokowi-Amin kembali meningkat pada survei Januari 2019, mencapai 53%.

Survei awal Maret 2019 menunjukkan dukungan meningkat menjadi 62%. Terakhir, Survei SMRC pada bulan ini menunjukkan dukungan massa PKPI terhadap 01 mencapai 100%.

Dalam konferensi pers tersebut, PKPI juga merilis single berjudul Jokowi Pilihan Kita yang dibawakan oleh band Repvblik. Video klipsingle yang tayang perdana pada konferensi pers ini turut menampilkan Diaz sebagai guitarist. Sebagai info, Repvblik sendiri telah menjadi kader PKPI semenjak Januari 2019.

Melalui single tersebut, PKPI mengajak pendukung Jokowi-Amin untuk tidak golput. “Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan 7% pemilih atau 13 juta orang berpotensi golput. Indo Barometer bahkan menyatakan jika 40% pendukungnya golput, Jokowi-Amin berpotensi kalah. Oleh karena itu, kita harus solid dan total mendukung Jokowi-Amin,” simpul Diaz.

(Baca Juga: Survei Sebut Angka Golput Capai 40%, TKN: Kami Tak Khawatir)

Repvblik sendiri menegaskan bahwa penulisan lagu Jokowi Pilihan Kita dilandasi oleh kekaguman terhadap figur Presiden Jokowi. “Kita melihat Jokowi adalah sosok yang paling tepat untuk memajukan industri musik Indonesia,” ujarRuri Herdian Wantogia yang merupakan vokalis Repvblik.

“Pertimbangan itu juga yang mendorong kami menjadi bagian dari PKPI dimana kami melihat partai ini, khususnya figur Mas bos Diaz, benar benar berkomitmen memajukan musik di tanah air. PKPI benar-benar memberi ruang kadernya, termasuk musisi, untuk berkarya,” imbuh Bachtiar Rahman Hamzahatau Tyar, keyboardist Repvblik.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini