nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siaran Langsung Debat Pemilu Afsel Berubah Kacau Setelah Anggota Partai Baku Hantam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 08 April 2019 12:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 08 18 2040481 siaran-langsung-debat-pemilu-afsel-berubah-kacau-setelah-anggota-partai-baku-hantam-JSqAfw7rPr.jpg Foto: SABC.

CAPE TOWN - Debat pemilihan umum yang disiarkan langsung di televisi Afrika Selatan berubah menjadi sebuah kekacauan setelah anggota partai-partai yang bersaing saling melempar kursi dan baku hantam di saat acara berlangsung. Dalam siaran langsung dari Hout Bay, pinggiran Kota Cape Town pada Jumat, anggota Partai Pejuang Kebebasan Ekonomi (EFF) terlihat melemparkan kursi plastik dan menyerang saingan mereka.

Acara itu dihadiri warga yang ingin berbicara dengan para pemimpin dari Aliansi Demokratik, EFF, Partai Kongres Nasional Africa (ANC), Partai Black First Land First (BFF) dan Good Parties yang tampil di Pusat Rekreasi dan Olahraga Hangberg.

Tidak sepenuhnya jelas apa yang memicu kekerasan itu, meskipun warga Afrika Selatan menduga bahwa kejadian itu mungkin merupakan reaksi terhadap persepsi pilih kasih yang ditunjukkan oleh Presenter Sakina Kamwendo.

“Partai Tanah dan BLF datang untuk mengusir EFF. Mereka menargetkan EFF sehingga EFF harus pergi,” kata Pimpinan EFF Wilayah Ujung Barat, Melikhaya Xheko kepada Times sebagaimana dilansir Daily Mail, Senin (8/4/2019).

Presenter program Morning Live di studio SABC dapat didengar menyuarakan kekhawatirannya terkait kelanjutan dari tayangan siaran langsung yang menampilkan kekacauan tersebut.

Acara debat itu akhirnya dibatalkan dan SABC mengatakan bahwa tidak ada staf mereka yang terluka dalam kekerasan tersebut.

Afrika Selatan akan menggelar pemilihan umum dalam 32 hari. Partai ANC yang dipimpin Presiden Jacob Zuma difavoritkan sebagai pemenang seperti pada pemilihan sebelumnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini