Share

Pemerintahan Jokowi Fokus pada Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan

Taufik Fajar, Okezone · Sabtu 13 April 2019 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 13 605 2043235 pemerintahan-jokowi-fokus-pada-pertumbuhan-ekonomi-yang-berkeadilan-rPLziDHPWu.jpg Irma Suryani Chaniago (Okezone)

JAKARTA - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Irma Chaniago menilai, konteks ekonomi dunia saat ini sangat berbeda dengan beberapa dekade silam.

Oleh karena itu, kata dia, tidak tepat menganggap suatu negara kehilangan kedaulatan atau tidak mandiri karena dipengaruhi oleh faktor global, punya utang luar negeri, atau membuka keran impor.

"Tiap negara pasti dipengaruhi negara lain. Contohnya kenaikan suku bunga di AS hampir pasti berpengaruh ke negara lainnya," ujar politikus Partai Nasdem itu, Sabtu (13/4/2019).

Selain itu, kata Irma, kemajuan teknologi dan logistik membuat produksi mengikuti pola global supply chain, dimana komponen-komponen dari satu produk berasal dari banyak negara; sehingga, produk itu lebih tepat disebut made in the world, meskipun bungkusnya menyebut made in China atau USA.

 

Dari contoh-contoh ini, kata dia, makna kemandirian dalam bidang ekonomi, apalagi di era global ini patut diredefinisikan.

Menurut dia kedaulatan ekonomi suatu negara ada ketika kebijakan ekonomi negara itu disusun oleh negara itu sendiri untuk sebesar-besar kemakmuran rakyatnya.

“Kedaulatan ekonomi Indonesia ada di tangan para penjaga republik, yaitu para birokrat, aparat, eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Perusahaan, asing sekalipun, tidak akan bisa (mendikte), bila para penjaga republik ini mengatakan tidak,” ujar Irma.

Menurut dia, itulah yang dilakukan pemerintahan Jokowi saat ini. "Seperti yang dikatakan Jokowi dalam debat tadi, pemerintah tidak hanya fokus pada pertumbuhan tapi juga kepada pemerataan," tegasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini